News

Bersama Mandiri Solusi Informatika, Siswa MAN 4 Sleman Kenali Minat & Gaya Belajar

MAN 4 Sleman Madrasahnya Orang TOPP

 

Sleman (MAN 4 Sleman) – Setiap siswa memiliki minat dan gaya belajar sendiri-sendiri berbeda satu dengan yang lain.  Minat dan gaya belajar harus dikenali oleh setiap siswa agar masing-masing dapat mensikapi secara benar, utamanya untuk melangkah studi lanjut.  “Setiap siswa cukup menjawab sejumlah pertanyaan sesuai dengan diri masing-masing Jawablah yang benar-benar yang aku banget,” jelas Mutia psikolog dari Mandiri Solusi Informatika (MSI) di depan 25 siswa Kamis (19/5/2022) di aula 2 MAN 4 Sleman

Setiap ertanyaan harus dijawab jujur, apa adanya, sesuai dengan kondisi diri, ‘yang aku banget’,  sehingga data yang diperoleh benar-benar valid, bisa mengenali diri, potensi diri, minat serta gaya belajar.   Usai menjawab soal dan pertanyaan, maka setiap siswa akan mendapatkan gaya belajar : mayor, minor, dan diabaikan.  Setiap orang beda-beda, sesuai minat masing-masing.  Gaya belajar mayor, artinya sering banyak dilakukan.  Ada juga gaya minor, yang jarang dipergunakan.

Dalam kegiatan tersebut siswa diperkenalkan dengan Aplikasi Minat Akademi.  Minat, karakteristik siswa, bidang karier yang diminati, contoh pekerjaan, serta pengetahuan yang mendukung peminatan.  Siswa juga diperkenalkan dengan Aplikasi gaya belajar. tiga katagori yakni mayor, minor dan yang diabaikan.  Ada 9 gaya belajar, yang dimasukkan dalam setiap 3 gaya belajar tersebut, masing-masing ada penjelasan dan strategi yang disarankan untuk setiap gaya belajar.

Setiap gaya belajar ada penjelasannya.“Silakan hasil uji coba ini, yakni gaya belajar dan potensi ini dapat di-unduh dan disampaikan serta didiskusikan dengan orang tua dan guru atau wali kelas masing-masing,” pungkas Mutia bersama 3 operator dari Mandiri Solusi Informatika (MSI) yang memiliki produk Libsis Cloud, Minat Akademik, dan profiling gaya belajar.   (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button