News

Edukasi Politik Cerdas & Bersih, P5-P2RA Siswa Kelas 10 MAN 4 Sleman Bikin Poster Kampanye Sehat

Sleman (MAN 4 Sleman)—Untuk mengedukasi cara berpolitik yang cerdas dan bersih, serta santun dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin(P2RA), Kelas 10 Siswa MAN 4 Sleman membuat poster Kampanye sehat, Kamis (9/11/2023).

Dalam kegiatan ini para siswa belajar mengekpresikan ide-ide kreatif dan pesan moral kepada masyarakat, agar semua lapisan Masyarakat terutama kalangan pelajar melalui poster tersebut.

Staf Wakamad Bidang Kesiswaan Yuliyanto, M.Pd menjelaskan, pelaksanaan mulai jam ke-3 hingga jam ke-8, poster dibuat secara berkelompok. Lanjutnya, sebelum kegiatan ini, para siswa diminta untuk menyiapkan alat tulis dan gambar, sementara itu pihak madrasah telah menyiapkan Kertas gambar.

“Projek pembuatan poster, disesuaikan dengan pasangan calon(Paslon) ketua OSIS yang diusung dari usulan wakil kelas,” ungkapnya.

Tampak  kegiatan ini disambut para siswa dengan penuh antusias. Di antara pesan moral yang mereka tuliskan pada poster mereka, yaitu “Tidak perlu kata-kata yang penting bukti nyata”, “Siap maju tanpa ragu”.

Kepala MAN 4 Sleman Drs.Arif Makruf, M.A., M.Si menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Uangkapnya, mereka akan memahami prosedur pemilu yang benar serta menggunakan hak pilih dengan benar.

Pasalnya, sebagai Pemilih Pemula harus mengetahui cara mendapatkan akses dan menggunakan sumber informasi pemilu yang akurat dan valid. 

“Memilih berbasis ide, gagasan, dan program, mengetahui rekam jejak dan konsekuensi dari pilihan, serta terbebas dari berbagai intimidasi baik fisik, verbal, uang, dan hoaks informasi sesat”, pintanya. (dzl)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button