Hadirkan Praktisi, MAN 4 Sleman Bekali Siswa dengan Digital Marketing


Sleman (MAN 4 Sleman) – Perkembangan dan dinamika pemasaran untuk barang dan jasa kini semakin meluas, tidak hanya transaksi langsung namun sudah terjadi transaksi di dunia maya seperti digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media digital. “Digital Marketing punya sifat Highly Measurable dan achievable. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat, tahun 2024 80% total pengguna internet di Indonesia,” papar Deany Januarta Putra Direktur Digital Marketing Lead Ubu Villa Indonesia. Kegiatan diikuti seluruh siswa Kelas XI dan XII usai mereka mengikuti penilaian tengah semester.
Dicontohkan, pemasaran dan penjualan konvensional dengan digital karena dunia digital ternyata memiliki nilai ekonomis dan praktis. Dunia digital Marketing sangat penting dan harus dipahami serta dikuasai oleh kaum muda generasi Z. Ada 3 pilar utama Digital Marketing yakni strategi, media dan platform. Dalam dunia marketing, social media memiliki peran penting. Mengapa?
Pertumbuhan media sosial di Indonesia sangat pesat. Dari Data Indonesia, di tahun 2024 terdapat total 139 juta pengguna media sosial, jumlah tersebut setara dengan 49,9% dari populasi Indonesia. Media sosial terbanyak digunakan oleh lebih dari 90% total pengguna medial sosial, terbanyak di Indonesia.
Deany Januarta Putra menegaskan bahwa dunia radio, televisi seolah sudah mulai ditinggalkan masyarakat, kini mayoritas cenderung ke media sosial. Oleh karena itu untuk pemanfaatan dunia digital perlu membuat konten di sosial media, dan hal yang penting adalah harus bisa membuat konten medsos menarik dengan memahami trends audience. Kita bisa menggunakan alat editing sederhana seperti canva, dan elemen penting dalam membuat konten yang menarik adalah visual, caption, interaksi, tegas Deany Januarta Putra. Salah satu siswa peserta Muhammad Ghifary siswa kelas XII IPS-1 merasa beruntung bisa mengikuti pengenalan digital marketing ini. “Materinya menarik, bisa menambah wawasan bagi kami. Tidak sia-sia mengikuti acara ini, bisa mengerti tentang digital marketing,” tegasnya. (eds)
