Penarikan Mahasiswi PPL UII: Meninggalkan Jejak Inspiratif di Madrasah
Sleman (MAN 4 Sleman) — Setelah dua bulan mengabdi dalam praktik pengenalan lapangan (PPL), dua mahasiswi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (UII), Nurul Annisa Azzahra dan Adin Nasysa Nabila, menyelesaikan tugas mereka dengan sukses. Kedua mahasiswa ini merupakan bagian dari Program Studi Pendidikan Kimia, yang telah menorehkan jejak inspiratif di Madrasah tempat mereka melakukan praktik.
Kepala Madrasah MAN 4 Sleman, Drs.Ahmad Arif Makruf, MA., M.Si., menyampaikan apresiasinya atas dedikasi dan kerja keras yang telah ditunjukkan oleh kedua mahasiswa UII selama berada di institusinya.
“Mereka bukan hanya sekadar menjalankan tugas, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti bagi kami. Dengan semangat dan keahlian yang mereka miliki, mereka berhasil membawa nuansa segar dan memberikan dampak positif pada lingkungan belajar mengajar di Madrasah,” ungkap Ahmad Arif Makruf, Rabu(03/04/2024).
Selama dua bulan ini, Nurul Annisa Azzahra dan Adin Nasysa Nabila telah terlibat dalam berbagai kegiatan pendidikan di Madrasah, mulai dari penyusunan materi pembelajaran hingga membantu pengajaran langsung di kelas. Mereka tidak hanya menjadi pengajar yang berkualitas, tetapi juga menjadi contoh teladan bagi para siswa dengan semangat belajar dan dedikasi yang mereka tunjukkan.
Menyambut keberhasilan kedua mahasiswa ini, Wakamad Bidang Kurikulum Triyono, S.Pd., menyampaikan harapannya untuk melihat lebih banyak lagi mahasiswa UII yang mengikuti jejak mereka dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program PPL.
“Kami berharap semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Nurul Annisa Azzahra dan Adin Nasysa Nabila dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terlibat dalam kegiatan yang serupa. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan,” ujar Triyono.
Kegiatan PPL merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan di UII, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam dunia profesional yang sesungguhnya. Melalui praktik lapangan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dan berintegritas. (dzl)