News

MAN 4 Sleman Gelar Diskusi Interaktif tentang Sekolah Ramah Anak

Sleman (MAN 4 Sleman) –Dalam era globalisasi yang semakin pesat ini, peserta didik diharuskan mampu berpikir kreatif, kritis, dan peduli. Kemampuan ini dapat berkembang jika suasana belajar dan proses pembelajaran di sekolah kondusif, dilakukan secara professional, dan sesuai dengan karakteristik anak.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pokjawas Madrasah Drs Daryono, M.Pd, dalam sosialisasi Sekolah Ramah Anak(SRA), pada Pemaparan dan Diskusi Program, Rancangan Rapat Kerja Madrasah MAN 4 Sleman Tahun Ajaran 2024/2025, Rabu(15/05/2024), di Aula lantai 2 madrasah.

Terang Daryono, SRA adalah program untuk mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainya di satuan pendidikan.

Ungkapnya, sedikitnya ada lima ciri satuan pendidikan yang ramah anak, yaitu adanya perlakuan adil bagi siswa laki-laki dan Perempuan, Proses pembelajaran yang baik sehingga anak merasa nyaman, Proses pembelajaran didukung media ajar yang memadai, Adanya keterlibatan murid secara aktif, Keterlibatan siswa dalam penciptaan lingkungan sekolah.

Lanjutnya, peran Lembaga pendidik sangatlah penting untuk membekali anak, menumbuhkembangkan peserta didik, karakter dan akhlak mulia. “Ma nahala waalidun waladan min nahlin afdhola min adabi hasanin[Tidak ada suatu pemberian seorang ayah kepada anaknya yang lebih utama daripada adab (akhlak) yang baik],” ujarnya mengutif hadis Nabi, riwayat Tirmidzi.

Kepala MAN 4 Sleman Drs.Ahmad Arif Ma’ruf, MA., M.Si. berharap dapat diwujudkan di madrasah ini, suasana belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan, di mana setiap peserta didik merasa dihargai dan didengar. Ia juga berharap agar semua tenaga pendidik dapat menjalankan perannya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme, menciptakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. (dzl)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button