News

Nyala Api Unggun Kobarkan Semangat Dasa Darma Pramuka MAN 4 Sleman

Sleman (MAN 4 Sleman) –  Perkemahan Ambalan Sunan Kalijaga dan Ambalan Nyi Ageng Serang Pangkalan MAN 4 Sleman  telah berakhir. Perkemahan dengan nama “ Sarddha Satya Scout Camp” yang dihelat selama 3 hari (20-23 Februari 2023) ditutup dengan upacara api unggun. Seremonial penutupan, Selasa (21/02/2023) dihadiri oleh Kepala Madrasah, beberapa dewan guru, dewan ambalam, purna dewan ambalam dan pembinan pangkalan.

Prosesi Api Unggun diawali dengan penyalaan Api Dasa Darma oleh pembina upacara. Api tersebut kemudian diestafetkan kepada petugas Dasa Darma yang telah siap dengan obornya masing-masing. Api yang menyala pada masing-masing obor dibarengi dengan peneguhan Dasa Darma Pramuka. Pukul 21.22 petugas secara serentak menyalakan api unggun yang berada di lapangan utama Bumi Perkemahan Joko Garong Turi Sleman.

Nyala api yang membakar tumpukan kayu bakar dengan ketinggian sekitar 1,5 meter berdiameter 1,5 mater mengobarkan semangat Dasa Darma Pramuka ke seluruh peserta upacara. Serentak seluruh peserta menyanyikan lagu Api Kita Sudah Menyala.

Kak Satria Pradana, dalam amanat pembina upacara, menyampaikan api unggun dalam kepramukaan merupakan symbol semangat juang. “Kagiatan kemah yang sudah berlangsung 2 hari dan akan berakhir besok, memberikan banyak pelajaran kepada kalian, utamanya kedisiplinan dan kerja keras. Kemah mengajarkan kepada kita untuk tidak bermalas-malasan, karena kemalasan akan menghasilkan kesia-siaan belaka,” ujarnya.

Sejumlah 198 peserta kemah dari kelas X ini diharapkan dapat menerapkan kedisiplinan yang telah ditanamkan selama kemah dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi pribadi yang unggul, pantang menyerah. Tema kemah “Junjung Dasadarma, Mengabdi untuk Bangsa” tertanam pada jiwa-jiwa seluruh peserta. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button