News

Pesantren Kilat MAN 4 Sleman Wujudkan Santri Smart

Mewujudkan Santri Hebat Bermartabat

 

Sleman (MAN 4 Sleman) – Guna menyemarakkan bulan Suci Ramadhan 1443 H, MAN 4 Sleman menyelenggarakan Pesantren Kilat dengan target mewujudkan peserta didik sebagai Santri Smart.  “Fokus kita adalah mewujudkan peserta didik sebagai Santri yang Soleh, Mandiri, Amanah, Rajin, dan Terpuji atau disingkat SMART. Smart dalam bahasa Inggris berarti cerdas.  Kecerdasan dalam menunaikan perintah agama dan juga sebagai seorang siswa untuk menggapai kesuksesan,” tutur Satriya Pradana,M.Pd coordinator keagamaan didampingi Nira Intan Sari,S.Pd staf kesiswaan MAN 4 Sleman usai acara Rabu (27/4/2022) di Laboratorium Agama setempat.

Kegiatan pesantren kilat meliputi pengajian umum, penyuluhan dan pendalaman materi keagamaan.  Kegiatan pertama berupa pengajian peringatan Nuzulul Qur’an bersama Gus Falih atau Ustad Heriyanda Falihtechan,S.Ag.  Pengajian yang diikuti seluruh peserta didik kelas 10 dan 11 itu berlangsung di aula utama MAN 4 Sleman Sabtu (23/4/2022).

Kegiatan kedua berupa dua penyuluhan. Penyuluhan pertama mengangkat topik Penyalahgunaan Narkoba Zat Addictive dan pencegahan bullying bagi peserta didik kelas X dengan nara sumber Iptu Giri Sutopo KauBinOps Sat BinMas  Kepolisian Resort (Polres) Sleman berlangsung Selasa (26/4/2022) di Laboratorium Agama.  Sementara peserta didik kelas XI mengikuti pendalaman agama di kelas-kelas dan asrama dengan lima kelompok putra dan putri.

Penyuluhan kedua mengambil topik kesehatan reproduksi bagi remaja peserta didik kelas XI di Laboratorium Agama MAN 4 Sleman Rabu (27/4/2022).  Nara sumber kegiatan ini adalah Elin Timurti Iranatur Rizqi dari Puskesmas Kapanewon Pakem Sleman.  Sementara peserta didik kelas X mengikuti pendalaman materi keagamaan di ruang kelas dan asrama dengan 5 kelompok putra dan putri terpisah.  Kegiatan pendalaman keagamaan disampaikan oleh guru-guru keagamaan yakni Irmayanti,S.Pd.I, Satria Pradana,S.Pd.I M. Pd,  Muhammad Rosyid, S. S,  Dyah Khuriyati, S. Pd. I, M. Pd. I,  Miatuhabbah, S. Ag, M. Ag,  Agus Musthofah, S. Pd. I,  Amrih Latifah, S. Ag, M. SI, Andi Muchtar, S. Pd I, Triyanto, S. Pd I, M. Pd.  Materi meliputi bersuci, do’a-do’a hingga praktek sholat.  (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button