News

Belajar Berwirausaha, Siswa Kelas X MAN 4 Sleman Tanam Jamur & Ragam Sayur

Sleman (MAN 4 Sleman) — Siswa kelas X MAN 4 Sleman dengan penuh semangat terlibat dalam kegiatan menanam beragam sayur dan jamur di lingkungan madrasah.  Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Projek 2 Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil’Alamin (PPRA) dalam bidang Kewirausahaan, Senin (29/01/2024).

Dalam pelaksanaannya, 200 siswa MAN 4 Sleman didampingi para fasilitator dibagi menjadi kelompok-kelompok. Setiap kelompok bertanggung jawab untuk menanam sayur berada di Kampus 2, sementara kelompok yang menanam jamur berada di Kampus 1.  Masing-masing kelompok bekerja dengan penuh dedikasi untuk menjalankan tugas mereka. 

Tidak hanya sekadar menanam, kegiatan ini juga melibatkan aspek pendidikan dan kewirausahaan. Para siswa diajak untuk memahami proses tanam-menanam, perawatan tanaman, dan aspek-aspek kewirausahaan yang terkait dengan kegiatan tersebut. Diharapkan melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tanggung jawab terhadap lingkungan. 

Kepala MAN 4 Sleman Drs.Ahmad Arif Makruf, MA., M.Si. menyatakan, kegiatan menanam sayur dan jamur ini merupakan upaya untuk mengajarkan siswa tentang keberlanjutan lingkungan dan kewirausahaan.  “Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang tanaman dan kewirausahaan, tetapi juga dapat memahami pentingnya berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak madrasah, yang melihatnya sebagai langkah positif untuk mengembangkan karakter siswa.  Melalui pengalaman langsung menanam dan merawat tanaman, diharapkan siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan dan kewirausahaan. 

Selain itu, diharapkan budidaya tanaman sayur dan jamur yang ditanam oleh siswa akan dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan berikutnya di madrasah, seperti program madrasah sehat dan kegiatan amal. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat edukatif tetapi juga memberikan dampak positif secara nyata bagi lingkungan madrasah. (dzl)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button