News

Guru MAN 4 Sleman Praktek Aplikasi Deteksi Minat dan Gaya Belajar

Belajar Memahami Untuk Raih Prestasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Setiap peserta didik adalah unik dan memiliki minat serta gaya belajar yang berbeda satu dengan yang lain.  Memahami kondisi ini, setiap guru harus mampu mendeteksi minat dan gaya belajar peserta didiknya.  “Dengan mengetahui gaya belajar dan minat, guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didiknya.  Melalui aplikasi ini guru dapat mengetahui gaya belajar dan minat peserta didik,” tutur Nadia dari Mandiri Solusi Informatika (MSI) di depan guru-guru pada Rabu (9/6/2022) di aula 2 MAN 4 Sleman.

Sangat mudah untuk mempraktekkan aplikasi deteksi minat dan gaya belajar ini.  “Setelah setiap peserta melakukan register, silakan masuk lagi dengan e-mail dan password yang sudah dibuat.  Lengkapi data diri di aplikasi, kemudian jawab pertanyan-pertanyaan.  Rekapitulasi dari jawaban pertanyaan yang dijawab akan menjadi memunculkan kesimpulan berupa minat,” lanjut Nadia.  Demikian juga halnya dengan deteksi gaya belajar, tegasnya.

Menjawab pertanyaan terkait validitas aplikasi, Nadia menjelaskan bahwa hal itu sudah dilakukan baik secara internal maupun external.  Materi pertanyaan pun didasari atas teori-teori psikologi yang dapat dipertanggungjawabkan  secara ilmiah, papar Nadia.  Dengan demikian validitas aplikasi deteksi ini dapat dipertanggungjawabkan.

Triono,S.Pd wakil kepala madrasah urusan kurikulum menegaskan setiap guru harus bisa mendeteksi minat dan gaya belajar peserta didiknya.  “Guru bisa menyesuaikan model pembelajaran dengan gaya belajar peserta didiknya agar materi atau KD yang diajarkannnya dapat dipahami tanpa kendala,” paparnya.  Cerita Aladin yang hanya menggosok-gosok lampu dan muncul apa yang diminta, kini pun hal itu terjadi.  “Hanya dengan sentuhan jari, apa yang kita minta pun datang, yakni melalui aplikasi di ponsel seperti penjualan barang dan jasa secara online.  Itulah contoh perkembangan teknologi saat ini, maka guru memang harus terus meningkatkan kompetensinya,” tegasnya.  Meguasai aplikasi ini merupakan Langkah strategis memahami peserta didik untuk peningkatan pembelajaran, kata Triono mengakhiri acara.  (eds)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button