News

Kepala Kankemenag Sleman Buka Workshop di MAN 4 Sleman

Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru

Sleman (MAN 4 Sleman) – Salah satu dari lima nilai budaya kerja di Kementerian Agama adalah tanggung jawab.  Guru sebagai seorang professional memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya.  Salah satu bekal penting bagi peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis yakni berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills/HOTS).  “Workshop merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalitas guru untuk penguatan substansi dalam menjalankan tugas. Kuatkan substansi raih prestasi.  Kalau kita mau berprestasi, lakukan pekerjaan dengan niat tulus karena Alloh, tanggung jawab menyiapkan peserta didik madrasah menjadi generasi tangguh tanggon hebat bermartabat,” terang Saban Nuroni kepala kantor Kementerian Agama Sleman saat membuka workshop penulisan soal HOTS Senin (15/03/2021) di MAN 4 Sleman.  Guru harus senantiasa meluruskan niat dalam bekerja karena Alloh SWT mempertanggungjawabkan apa yang telah dikerjakan kepada atasan hingga kepada Alloh SWT.

Guru sudah punya tunjangan atau belum, mengembangkan potensi peserta didik adalah menjadi tanggung jawab yang diembannya.  Berprestasi secara substansi bukan hanya secara artificial, lanjut Saban.  Agar ikhlas dalam menjalankan tugas, ingat Innasholati wa nusuki wa mahyaaya wa mamaatii lillahi Robbil’alamiin.  Bersegeralah kepada ampunan tuhanmu.  Agar peserta menjadi pribadi yang tangguh tanggoh hidup dijamannya, menjadi siswa madrasah yang hebat bermartabat, sekali lagi luruskan niat dalam bekerja menunaikan tugas, tegas Saban.  Workshop diikuti 49 guru dari berbagai mata pelajaran terdiri dari 43 guru MAN 4 Sleman dan maadrasah swasta MA al-Qodir, MA Taruna Al-Qur’an dan MA Darussalaam masing-masing dua peserta.

Turut hadir Drs. H. Komarudin,M.Pd.I pengawas madrasah, H. Ahmad Fauzi,S.Ag,MSI dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Sleman.  Nara sumber workshop dua orang yakni H. Harjaka,S.Pd.,M.Pd.I pengawas madrasah dan Drs. Edy Suparyanto,MA guru MAN 4 Sleman. Kegiatan berlangsung dua hari Senin – Selasa (15 – 16/03/2021) dengan teori, praktek dan presentasi hasil berupa naskah soal HOTS.  Hingga berita ini ditulis kegiatan masih berlangsung.  (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button