News

Lancar PKKM Periode Empat Tahunan Di MAN 4 Sleman

Lancar PKKM Periode Empat Tahunan Di MAN 4 Sleman

Sleman (MAN 4 Sleman) – Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) periode empat tahunan di MAN 4 Sleman telah dilaksanakan Selasa (15/11/2022).  PKKM sebagai upaya meningkatkan kinerja kepala madrasah ini berlangsung di Aula lantai 2 MAN 4 Sleman berjalan lancar.  Tim asesor terdiri dari Edy Purwanto,S.Pd.,M.Pd.Si Analis SDM Aparatur Ahli Muda Seksi Guru Kantor Wilayah Kementerian Agama  DIY, Drs. H. Suharto   Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sleman dan dua pengawas madrasah Drs. H. Daryono, M.Pd. dan Drs. Mujiyono, M.Pd.I Kementerian Agama Kabupaten Sleman.  Instrumen PKKM terdiri dari enam unsur yakni kepribadian sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, hasil kinerja kepala madrasah.

Pada kesempatan tersebut, Suharto mengapresiasi kinerja Tim PKKM MAN 4 Sleman yang telah bekerja keras menyiapkan bukti fisik dengan baik. Sedangkan Edy, selaku Ketua Tim menyampaikan bahwasanya PKKM bukan akreditasi melainkan potret dari kinerja kepala madrasah yang nantinya akan dilaporkan sebagai nilai kinerja madrasah. “Layaknya teknologi kamera yang selalu berkembang dengan fitur-fiturnya, maka, jika bapak kepala itu mampu menampilkan wajah yang cantik, asesor akan puas,” tuturnya.

“Inovasi-inovasi di MAN 4 Sleman ini sudah berkembang, berita-berita yang ditayangkan sudah menjawab semuanya, ada foto dan terdapat pula ada narasi yang menjelaskan tentang kegiatan tersebut. Secara keseluruhan potret yang didapat bagus, namun tentunya juga ada beberapa kelemahan, dan itu adalah hal yang biasa,” lanjutnya.  Beberapa kelemahan yang ditemukan sebagai bahan evaluasi diantaranya administrasi yang kurang tanggal, ada staf kesiswaan yang tentunya mengatur jalannya upacara namun tidak presensi daftar hadir, dan redaksi pada surat pemberitahuan hasil rapat komite yang masih perlu revisi. 

Sependapat dengan Edy, Mujiyono juga merasa puas dengan bukti fisik yang telah disipakan  Tim PKKM MAN 4 Sleman. “Khususnya item kewirausahaan, saya menemukan pemahaman yang sudah betul di sini. Kewirausahaan tidak hanya berkaitan dengan profit namun juga inovasi-inovasi yang dilakukan, terutama kegiatan MERAPI (Menyapa Rabu Pagi), suatu hal yang sangat menarik bagi saya,” ucapnya. Selain itu, tim PKKM yang lengkap, kompak membuat kagum Mujiyono.  

Penilaian positif juga diungkap Daryono. “Usaha pengembangan madrasah sudah bagus. Sudah terencana denga baik dan komplit. Namun, demikian, ada beberapa yang perlu ditingkatkan di antaranya perangkat administrasi guru yang lupa belum dimintakan tanda tangan kepala madrasah, di bidang sarpras, perlu peremajaan computer,” katanya. Namun secara global, penilaian ini bagus dan memuaskan. Di akhir evaluasinya, Daryono mengingatkan kepada MAN 4 Sleman, untuk menarsipkan bukti fisik yang telah ada dengan baik sebagai data pendukung akreditasi tahun 2023 nantinya.  

Menanggapi evaluasi dari tim asesor, Kepala MAN 4 Sleman, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. mengucapkan terimakasih atas kehadiran Tim Asesor dan penilaian baiknya.  “Sebagai kepala madrasah yang pernah memimpin 3 madrasah, ibarat sawah, tingkat kesuburan berbeda-beda. Tantangan disetiap madrasah juga berbeda.  Target ke depan, MAN 4 Sleman bisa masuk top 1000 sekolah berdasar UTBK,” harapannya. Keluarga besar MAN 4 Sleman berharap nilai PKKM yang didapat nantinya memuaskan dan secara umum PKKM membawa dampak positif terhadap upaya peningkatan mutu madrasah. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button