News

MAN 4 Sleman Gelar Seminar Guru BK se-Sleman

Sinergi & Silaturahmi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki peran penting dalam menyiapkan peserta didik.  Seorang guru BK harus memahami setiap individu, mendampingi siswa meraih cita-citanya.  Maka seminar bertajuk “Peran Guru BK dalam Menyiapkan Karpet Merah Kesuksesan Peserta Didik”    sangat bermanfaat bagi guru, tegas H Ahmad Fauzi,MSI kepala seksi Dikmad Kemenag Sleman saat membuka acara Sabtu (10/04/2021) di ruang pertemuan MAN 4 Sleman. Seminar menghadirkan tim dari Smart Solution dengan nara sumber Nur Wahyudin Al-Azis,M.Pd motivator nasional dan Coach Rachiem,MA pakar mapping lulusan Stanford University USA,  Kegiatan diikuti 26 guru BK SMP/MTs negeri dan swasta se-Sleman

“Apa yang dilakukan guru memiliki dampak luar biasa pada siswa, maka lakukan pembelajaran dengan cinta. Bangun kepercayaan pada anak-anak. Kalau kita ingin anak memiliki value life perlu membangun kepercayaan diri siswa,” beber Azis dari Smart Solution.  Guru BK harus kreatif dalam bertindak, tugasnya memiliki multi peran menyentuh hati murid-muridnya. Ia bisa berperan sebagai teman, orang tua hingga mengisi kekosongan hati siswa.  Namun demikian, guru BK harus bisa menempatkan diri sebagai guru meski dekat dengan siswa, lanjut Azis dengan memberikan beberapa kisah nyata, inspiratif dan menggugah.

Kepada para murid, lanjut Azis, berikan kata-kata yang membakar semangat, hindari kata-kata negatif. Gunakan kata dan ungkapan positif, jangan diungkapkan dari aspek negatif, tegasnya.   Kepribadian anak bervariasi dan unik, hingga terkadang dijumpai ada yang mengadu domba antara wali kelas dengan Guru BK.  “Terhadap ungkapan siswa yang mengadu domba, maka perlu dilakukan klarifikasi dan konfirmasi kata-kata siswa yang merusak,” lanjutnya.  Sementara Coah Rachiem,MA menegaskan bahwa tantangan guru adalah menyiapkan peserta didik untuk hidup di jamannya, bukan di jamannya guru.  Maka perlu dilakukan mapping (pemetaan) kepribadian, gaya belajar hingga passion-nya, papar konsultan MAN 4 Sleman.  Setiap peserta didik memiliki gaya belajar berbeda satu dengan lainnya, sehingga peserta didik perlu arahan dan pendampingan yang tepat. (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button