Sleman (MAN 4 Sleman) – Setiap guru dan pegawai MAN 4 Sleman memiliki peran penting bagi kemajuan dan citra lembaga. Sehingga setiap civitas akademik harus handarbeni, merasa memiliki madrasah sebagai rumah dan tempat kerja, kemudian memberikan pelayanan prima bagi siswa, orang tua dan masyarakat luas. “Bila ada satu warga yang berkelakuan buruk maka madrasah dan seluruh warga juga diniliai buruk. Namun jika ada salah satu siswa berprestasi baik dan gemilang maka Lembaga dan seluruh warga akan mendapat nilai baik pula. Ini artinya setiap warga memiliki peran penting dan turut menentukan citra madrasah,” terang Dra. Hj. Dewi Sri Hidayati,S.Pd narasumber pelatihan pelayanan prima atau excellent services Rabu (9/12/2021) di aula madrasah.
Dewi mengingatkan pula bahwa bekerja itu bukan semata mendapatkan uang, namun proses belajar dan menabung pengalaman, ketrampilan, pengetahuan, sahabat, nama baik dan amal sholeh. Bekerja juga merupakan investasi waktu serta untuk pemuliaan diri. Setiap warga madrasah haruslah mampu menunjukkan kemampuan dan ketrampilan di bidang kerjanya menjadi pribadi professional. “Profesional ditunjukkan dengan penampilan, sikap, berpengetahuan serta trampil di bidangnya sehingga memiliki citra atau penilaian pihak lain kepada kita di manapun dan kapanpun kita berada, baik sebagai individu, kelompok serta korporasi,” lanjut Dewi. Citra diri dan citra Lembaga itu tak kasat mata, tak dapat tak dapat dilihat taka dapat disentuh tetapi terukur, untouchable but measurable, tegas instruktur dari CES “Citra Emas” School of Management and Public Relation itu. Berdasar biografinya, Dewi telah memberikan banyak pelatihan di berbagai kementerian, perusahaan nasional – multinasional, universitas seperti UGM UMS, beberapa RS dan lembaga pemerintah maupu swasta di Yogyakarta, Semarang, Blitar hingga Surabaya.
Dalam pelatihan tersebut Dewi memberikan beberapa tips berpakaian, berjalan berbicara, berperilaku hingga memberikan pelayanan kepada cliens. Tak segan-segan Dewi mempraktekkan secara langsung sehingga seluruh peserta dapat memahami dan menerapkan secara langsung. Pelatihan pelayanan prima atau excellent services diikuti seluruh guru dan pegawai MAN 4 Sleman (MANESA). “Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh warga MANESA mulai dari kepala, guru, pegawai hingga cleaning services memahami pentingnya memberikan pelayanan prima. Semua itu untuk mewujudkan citra MANESA yang semakin baik menjadi pilihan umat, madrasah TOPP” tegas Mohamad Yusuf,S.Ag kepala madrasah. Seluruh peserta antusias mengikuti pelatihan dan tetap mematuhi protokol Kesehatan guna mencegah covid-19. (eds)