Pembelajaran Daring dengan Quiz

Diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah work from home (wfh), belajar dan beribadah di rumah salah satu upaya mengantisipasi merebaknya Corona, merupakan tantangan bagi guru. Saat ini banyak aplikasi nirbayar ditawarkan seperti Schoology, google classroom, kahoort, Quiziz, Edmodo dan lainnya. Salah satunya yakni Quizizz dapat dijadikan pilihan alternatif. Quizizz adalah aplikasi yang dapat dipergunakan untuk media pembelajaran daring. Pengalaman penulis, penerapan Quizizz dilatarbelakangi keadaan kelas dengan siswa kurang konsentrasi karena membuka gawai saat belajar, kondisi letih. Banyak siswa suka games. Bahkan nge-game lebih menarik dari pada pembelajaran. Dengan aplikasi Quizizz siswa ternyata lebih tertarik untuk berinteraksi dengan materi ajar.
Langkah menerapkan Quizizz cukup mudah. Guru menyiapkan materi atau kompetensi yang sudah atau akan diajarkan berupa soal pilihan ganda. Selanjutnya masuk ke https://quizizz.com/admin untuk membuat akun dengan mengikuti langkah-langkah sign up. Sesudah memiliki akun, masuk ke create a new quiz, menamai game dan mata pelajaran, klik NEXT. Sesudah muncul create a new quiz, guru bisa mulai membuat quiz dengan soal dan opsi jawaban. Tersedia empat opsi jawaban, namun guru bisa mengurangi atau menambah opsi dengan meng-klik Add answer option, sesuai kebutuhan. Jangan lupa meng-klik opsi jawaban benar sebagai kunci dan simpan dengan klik save, selesailah satu soal. Begitu seterusnya, guru bisa menambah soal quiz sesuai kebutuhan dan rentang waktu pembelajaran. Semua soal yang sudah disusun dan disimpan di akun aplikasi tersebut dapat di-share untuk guru lain atau kolega dengan menuliskan alamat e-mail tujuan.
Berikutnya meminta siswa nge-game dengan soal quizizz yang sudah dibuat guru. Langkah pertama, guru masuk ke my quizizz, temukan judul soal yang sudah dibuat, klik LIVE GAME kemudian ke HOST GAME. Sesudah itu akan muncul kode akses (enam angka) yang harus diisikan di gawai siswa untuk mengikuti Quizizz. Lewat WhatApp Grup, Guru meminta siswa masuk https://quizizz.com/ dan join game dengan memasukkan kode akses. Siswa yang berhasil JOIN (bergabung) dengan memasukkan kode akses secara otomatis namanya akan muncul di teacher’s dashboard, sehingga terpantau di layar laptop.
Sesudah semua atau sebagian tergabung, langkah beriktunya adalah guru memulai dengan meng-klick START. Sesudah dimulai maka siswa yang tergabung dapat mengerjakan soal di Quizizz. Nama semua siswa yang sudah mengerjakan soal beserta skore akan muncul sesuai urutan keberhasilan join game. Apabila game sudah berlangsung, urutan peserta akan berubah dinamis sesuai dengan jawaban benar atau salah, peringkat naik – turun, mulai tertinggi hingga terendah. Siswa peraih score tertinggi secara otomatis namanya berada di peringkat teratas begitu pula sebaliknya. Guru dan siswa dapat melihat jawaban benar atau salah. Game bisa diakhiri setelah semua siswa mengerjakan soal atau sesuai dengan waktu yang sudah disepakati bersama.
Setelah game diakhiri akan muncul peringkat hasil, disertai persentase perolehan nilai benar untuk setiap siswa. Setiap peserta akan mendapat respon terhadap jawaban yang sudah diberikan. Soal-soal di Quizizz yang sudah dikerjakan, baik yang salah maupun benar dapat dilihat pada layar monitor guru. Guru bisa melihat langsung hasil score soal quizizz yang dikerjakan siswa. Quizizz games bisa diulang beberapa kali sesuai dengan ketercapaian kompetensi. Materi pun bisa di-edit, disesuaikan kebutuhan serta dapat dipergunakan kembali di lain waktu.
Quizizz cukup baik untuk mengaktifkan siswa berinteraksi dengan materi ajar, menumbuhkan kompetisi, belajar secara mandiri, bahkan berpasangan atau kelompok. Tidak jarang terjadi sorak sorai kegembiraan saat siswa menjawab benar dan namanya naik peringkat. Namun tidak jarang terjadi umpatan, atau kata-kata kotor saat siswa menjawab salah atau peringkatnya turun. Pada saat seperti inilah (kalau di ruang kelas), guru dapat menyisipkan pesan moral kepada anak didik pentingnya menggunakan kata-kata bijak, positif, kesantunan serta optimisme sebagai bagian penguatan pendidikan karakter.
Aplikasi Quizizz dapat dimanfaatkan untuk semua mata pelajaran. Pada aplikasi tersebut tersedia berbagai soal yang dibuat pengguna lain. Soal-soal tersebut dapat dipilih dan dikerjakan siswa secara mandiri. Mau nyoba? Monggo-monggo …
Drs. Edy Suparyanto,MA
Guru Bahasa Inggris MAN 4 Sleman (d.h. MAN Pakem) Pojok Harjobinangun Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Mobile phone 08122751774 |
|
Keterangan : foto-foto diambil saat di kelas pada Agustus – September 2019 |