News

Siswa MAN 4 Sleman Antusias Ikuti Pelatihan Pemilahan Sampah dan 3R

Sleman (MAN 4 Sleman) – Sampai saat ini, sampah masih menjadi permasalahan lingkungan yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan, terutama jenis sampah yang sulit terurai seperti limbah plastik. Timbunan sampah yang tidak segera dikelola, dapat menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar. Selain itu, sampah juga dapat menjadi tempat perkembangbiakan hewan-hewan yang dapat menimbulkan penyakit bagi manusia.

Menanggapi kondisi tersebut, MAN 4 Sleman bekerjasama dengan Pengelola TPS 3R Kenanga Merdeka mengadakan Pelatihan Pemilahan Sampah dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) bagi siswa-siswi MAN 4 Sleman Rabu (24/8/2022), bertempat di ruang kelas 12 IPS 1, Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat, serta mencegah dan mengurangi timbulnya sampah.

Acara dipandu oleh Hariyati Sumiardi dan tim dari Kenanga Merdeka, berlangsung selama 2 jam, terbagi dua sesi yaitu pemaparan materi dan praktik. Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut antara lain pengertian sampah, jenis-jenis sampah, bahaya sampah plastik, dan upaya mengurangi sampah plastik dengan 3R. Selain itu, siswa juga diberikan keterampilan tentang memilah sampah dan memanfaatkan limbah sampah menjadi barang yang lebih berguna seperti piring dan hiasan bunga. Siswa sangat antusias mengikuti pelatihan karena dapat praktik secara langsung dari awal sampai akhir proses.

“Kita adakan kegiatan ini supaya anak-anak paham bagaimana cara memilah dan mengolah sampah dengan benar, dan dapat menjadi promotor untuk hidup bersih dan sehat di kalangan teman-temannya”, ujar Mardiyanti, S.Pd. staf Kesiswaan MAN 4 Sleman. (nith)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button