News

Siswa MAN 4 Sleman Antusias Ikuti Sosialisasi Pemilu Serentak 2024

            Sleman (MAN 4 Sleman) – Sembilan puluh siswa MAN 4 Sleman antusias mengikuti Sosialisasi Pemilu Serentak 2023.  Mereka menggunakan 3 (tiga) armada bus untuk menuju ke RRI Yogyakarta.  Selain mengikuti sosialisasi pemilu, ada juga 10 siswa mengikuti pelatihan public speaking serta 3 (tiga) siswa mengikuti lomba foto dan video kreatif.  Pendamping terdiri dari Edy Suparyanto, Yuliyanto, Jaka Raharjo, Sugihartini, Dwi Astuti Handayani, Mardiyanti dan Indriani Widiastuti

Remaja utamanya kelas XII SMA/MA/SMK mayoritas sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024.  Sebagai pemilih pemula, mereka harus memiliki pemahaman cukup terkait kepemiluan.  “Melalui sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan gambaran kepada para siswa terkait penggunaan hak politik untuk memilih pemimpin,” papar Indah Sri Wulandari, SE, M.Sc dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Sleman di depan siswa-siswi SMA/MA/SMK Senin (23/10/2023) di Joglo RRI Yogyakarta.  Indah menegaskan sosialisasi memberikan gambaran kepada siswa mengenai tahapan-tahapan pemilu.  Tujuannya agar partisipasi siswa meningkat.dalam pemilu serentak 2024, sehingga penting pula mengetahui dan memahami Peraturan Perundang – Undangan Pemilihan Umum.

            Sosialisasi Pemilu Serentak 2024 dengan nara sumber Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab. Sleman.  Hadir pula R. Yuwan Sikra, SH dari Bawaslu Kab. Sleman, yang menyampaikan materi Indeks Kerawanan Pemilihan Umum (IKP) Pemilu 2024 di Kabupaten Sleman.  Sementara Akademisi Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia, MA, Dosen Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM, menyampaikan materi “Partisipasi Generasi Muda dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.”   Peserta antusias mengikuti sosialisasi, beberapa mengajukan pertanyaan sehingga suasana dialogis.

Sosialisasi pemilu merupakan merupakan salah satu dari agenda Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023.  Agenda lainnya berupa pelatihan master of ceremony (MC) bagi siswa, dialog dengan kejaksaan, serta lomba photo dan video kreatif.  Pembukaan FPN dimeriahkan tari barongsai yang cukup memukau.  “Panitia pelaksana terdiri siswa-siswi, gabungan beberapa SMA/MA/SMK, ini sebagai wahana berlatih mengelola event,” kata Surya Bachtera dari RRI.

Sementara Kepala LPP RRI Yogyakarta, Nazwin Achmad, mengungkapkan esensi dari FPN 2023, “Tujuan utama FPN adalah untuk membangun kreativitas dan budaya pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Kami percaya bahwa acara ini akan memberi wadah yang sangat dibutuhkan bagi para pelajar Yogyakarta untuk berkembang dan bersinergi, menciptakan kolaborasi yang positif.”  (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button