News

Perluas wawasan Jurnalistik, Siswa MAN 4 Sleman Kunjungi Jawa Pos

Sleman (MAN 4 Sleman) – Setiap wartawan Jawa Pos, dalam sehari diwajibkan menulis minimal 3 berita. “Redaktur akan memilih satu berita terbaik dan ter-up to date untuk ditayangkan. Deadline jam 10 malam, selanjutnya masuk ke lay out atau tata letak,” papar Candra dari Jawa Pos saat menerima kunjungan 138 siswa-siswi MAN 4 Sleman Senin (6/3/2023) di Graha Pena Surabaya.
Berita-berita yang masuk juga diedit ahli bahasa sehingga kesalahan bisa diminimalisir. Kualitas tulisan terjaga, karena media juga berfungsi untuk edukasi, lanjutnya. Setelah selesai lay out, kemudian masuk ke percetakan. “Sekitar jam 6 pagi sudah bisa diterima pembaca dan pelanggan setia,” jelas Candra. Jawa Pos adalah jaringan koran terbesar di Indonesia, terbit di setiap propinsi dari Aceh hingga Papua, tegasnya. Besarnya jaringan itu semakin mempermudah jaringan Jawa Pos memperoleh berita-berita daerah. Media yang dikelola Jawa Pos, mulai dari koran harian, tabloid, media online, radio hingga televisi.
“Ini pengalaman menarik, menambah wawasan dalam bidang jurnalistik dan pengelolaan media. Jawa Pos memang keren,” kata Elva salah satu siswi kelas 11 IPS 2 yang mengajukan pertanyaan. Para siswa mendapat satu koran dan merasa senang bisa melihat langsung aktivitas kerja media di Graha Pena kantor pusat Jawa Pos Grup. Kunjungan media yang merupakan salah satu program outing class itu diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan foto bersama. (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button