News

Apel di MAN 4 Sleman : Menggugah Semangat Pendidikan Karakter ala Jepang

Sleman (MAN 4 Sleman) – Hari Senin pagi ini (28/8/2023) MAN 4 Sleman melaksanakan kegiatan apel. Kegiatan melibatkan seluruh siswa, guru dan pegawai dengan petugas apel kelas XA. Pembina apel kali ini adalah kepala madrasah, Drs. Ahmad Arif Makruf., M.A., M.Si., yang dengan penuh semangat memaparkan mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk masa depan bangsa.

Dalam pengarahan yang penuh makna, Arif memulai dengan mengingatkan kepada para siswa tentang sejarah bangkitnya Jepang pasca tragedi bom atom di kota Nagasaki dan Hiroshima yang menewaskan serta mengakibatkan ribuan orang terpapar radiasi nuklir. “Ketika tragedi itu terjadi, yang pertama kali ditanyakan oleh Kaisar Jepang, Hirohito, adalah berapa guru yang masih hidup. Hal ini menyoroti pentingnya peran guru dalam membangun kembali suatu negara,” ujarnya dengan tegas.

Lebih lanjut, Arif menyoroti bahwa Jepang berhasil meraih kesuksesan dan kemajuan berkat pendidikan karakter yang ditanamkan oleh para guru. Ia menekankan bahwa ada empat nilai karakter utama yang dijunjung tinggi oleh bangsa Jepang, yaitu kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan kebersihan. Menurutnya, nilai-nilai inilah yang membentuk dasar kehidupan masyarakat Jepang yang sukses dan maju.

“Sama seperti Jepang, kita pun harus menerapkan nilai-nilai karakter ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, kita sebagai bangsa Indonesia, hendaknya juga menambahkan iman sebagai salah satu nilai karakter yang harus dijunjung tinggi,” lanjut Arif. Ia mengajak seluruh siswa untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai karakter tersebut, sehingga bangsa Indonesia bisa tumbuh menjadi bangsa yang kuat, sukses, dan bermartabat. Arif juga mengapresiasi siswa-siswi Kelas X A dengan didampingi wali kelas, yang sudah menjadi petugas apel pagi dengan baik dan lancar. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button