News

Pertemuan dan Pengajian Orang Tua/Wali Siswa Kelas XII MAN 4 Sleman: Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan

Sleman (MAN 4 Sleman) – Dalam sebuah pertemuan yang sarat makna, orang tua dan wali siswa kelas XII di MAN 4 Sleman berkumpul di mushola kampus 2 untuk mendiskusikan masa depan pendidikan anak-anak mereka. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (24/8/2023) ini menjadi panggung inspirasi bagi para orang tua dalam mendukung putra-putri mereka untuk beranjak ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Drs. Ahmad Arif Makruf, M.A., M.Si., memotivasi para orang tua untuk senantiasa menginspirasi dan mendorong anak-anak mereka dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Lulus itu gampang, tapi setelah lulus, mau kemana?” tanya Arif, menekankan betapa pentingnya memiliki tujuan setelah menyelesaikan pendidikan menengah. “Untuk itu madrasah akan membekali siswa, baik yang akan bekerja maupun akan melanjutkan kuliah,” lanjutnya.

Tak hanya memberikan semangat, Drs. Ahmad Arif Makruf juga membagikan tips berharga agar siswa dapat berhasil diterima di PTN. Beliau menyoroti empat aspek kunci, yaito: matematika, penalaran, membaca bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia. Arif mengingatkan bahwa empat keterampilan ini dapat diasah pada hari Sabtu atau hari libur, untuk memastikan kesiapan optimal anak-anak.

Sementara itu, Triyono, S.Pd., Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik, menyampaikan data siswa yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan yang akan memilih untuk langsung bekerja. Data ini memberikan gambaran kepada para orang tua tentang arah pilihan yang diambil oleh para siswa. Informasi yang transparan ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih bagi para orang tua dalam memberikan dukungan terbaik bagi anak-anak mereka.

Setelah rangkaian informasi mengenai pilihan masa depan siswa disampaikan, pengajian pun digelar oleh Satria Pradana, S.Pd.I., M.Pd., seorang Guru SKI di sekolah tersebut. Dengan tema yang penuh makna, “Cinta”, Satria mengajak hadirin untuk mendalami cinta kepada Allah, Rasulullah, keluarga, dan sesama manusia. Pesan dalam pengajian ini adalah pentingnya cinta sebagai pilar moral dalam membentuk karakter generasi muda yang berkualitas.

Pertemuan dan pengajian ini telah menjadi momen yang mengilhami, mengingatkan, dan memberdayakan para orang tua dan wali siswa dalam membimbing anak-anak mereka menuju masa depan yang sukses melalui pendidikan. Kepedulian dan dukungan aktif dari para orang tua di MAN 4 Sleman menjadi fondasi kuat dalam mewujudkan generasi yang tangguh dan berintegritas. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button