News

Gandeng Konsultan MAN 4 Sleman Siapkan Renstra Terukur

Menuju Madrasah Hebat Bermartabat Unggul Berprestasi

Gandeng Konsultan MAN 4 Sleman Siapkan Renstra Terukur

Sleman (MAN 4 Sleman) – Madrasah Aliyah Negeri 4 Sleman mempunyai perjalanan histori panjang yang patut dicatat hingga telah banyak melahirkan sumber daya manusia unggul, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sejak masih bernama PGAN Pakem kemudian MAN Pakem, nama itu begitu melekat di hati masyarakat.  Banyak guru dan tenaga professional dihasilkan oleh madrasah ini dan tersebar ke penjuru tanah air. Apalagi letak geografis di pegunungan lereng Merapi tepatnya di Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.  “Kita perlu menyusun rencana strategis (renstra) untuk mewujudkan madrasah unggul, bermutu dan berprestasi dengan pengelolaan profesional sehingga perkembangan dan peningkatannya terukur.  Melalui pertemuan ini akan kita rumuskan dokumen renstra dan kita presentasikan di depan kepala kantor wilayah Kemenrerian Agama DIY,” papar Mohamad Yusuf,S.Ag kepala MAN 4 saat membuka dan memberikan pengarahan pada koordinasi perumusan rencana strategis (renstra) madrasah lima tahun mendatang Selasa (23/02/2021) di ruang rapat madrasah.

Koordinasi diikuti seluruh para wakil kepala madrasah beserta staf serta menggandeng Coach Rochiem,MA konsultan Sumberdaya manusia (SDM) berpengalaman mendampingi beberapa sekolah/madrasah berprestasi.  Rochiem beserta timnya di MAN 4 Sleman telah melakukan pemetaan (mapping) potensi peserta didik serta pendampingan.  “Program stretagis ini bertujuan untuk mewujudkan MAN 4 Sleman sebagai madrasah unggul hebat bermartabat, langkah mewujudkan visi misi, sebagai madrasah yang memberikan life skill, madrasah boarding model berbasis moderasi dan karakter serta madrasah tahfidz serta riset, dalam menyiapkan SDM generasi dan Unggul dengan terukur,” ujar Coach Rochiem MA, konsultan ahli MAN 4 Sleman didampingi Nur Wahyudin Al-Azis,M.Pd. Untuk mewujudkan semua itu diperlukan team work solid, terdiri atas pelindung, ketua, sekretaris dan bendahara serta beberapa bidang.  Bidang-bidang strategis meliputi mempertajam visi misi, rekonstruksi system pembelajaran, branding Image baru, budaya maju, budaya unggul, jiwa peduli, Networking & Kerjasama serta SBSN.

Team work juga akan dilengkapi orang-orang yang disesuaikan dengan passion masing-masing sehingga strategis dalam menunaikan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.  Paling lambat awal Maret seluruh dokumen siap diserahkan dan dipresentasikan kepada pejabat yang berwenang.  Diperlukan kerja keras cerdas ikhlas tuntas untuk mewujudkan madrasahunggul dengan program life skills (ketrampilan), tahfidz, riset dan berasrama.  Keberhasilannya harus terukur, pungkasnya. (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button