News

Guru MAN 4 Sleman Ikuti Upacara HGN & HUT PGRI ke-77 di Kapanewon Pakem

Sleman (MAN 4 Sleman) – Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada para guru, Pemerintah Kapanewon Pakem menggelar upacara HGN dan HUT PGRI ke-77 Jumat (25/11/2022) di Lapangan Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Pada tahun 2022 ini, HGN dan HUT PGRI ke 77 mengusung tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Panewu Kapanewon Pakem, Rakhmat Harinawan,S.Sos.,M.Si. Dalam amanatnya, Rakhmat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. “Sebenarnya bukan hanya guru yang di dorong untuk berubah kami di Kemendikbudristek juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.” Ungkap Nadiem dalam sambutannya.

Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan awal tahun ini, sepenuhnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Platform tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, yang mana merupakan perubahan besar cara kerja Pemerintahan dalam melayani masyarakat.

Dijelaskannya, dalam Platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain. Guru di Aceh sekarang bisa belajar dari guru di Papua. Guru di Kalimantan bisa menginspirasi guru-guru yang ada di Jawa.

Nadiem juga membuka kesempatan bagi para guru untuk menjadi guru penggerak yang bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan Pendidikan di Indonesia. Selain Guru Penggerak, Nadiem juga memprogramkan pengangkatan guru honorer sebagai ASN, karena menurutnya, ide-ide brilian perlu didukung dengan kesejahteraan para guru. (Nith)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button