News

Meriah Festival Barahmus Kerja Sama MAN 4 Sleman dengan Museum Gunung Merapi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Festival Barahmus merupakan bagian dari kegiatan “Museum Masuk Sekolah 2022” yang diselenggarakan oleh Museum Gunungapi Merapi (MGM). Festival yang berlangsung di MAN 4 Sleman, Kamis (24/11/2022) disambut gegap gempita oleh seluruh civitas akademika MAN 4 Sleman.  Dalam sambutannya, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd., Kepala Madrasah, mengungkapkan tujuan dari festival ini yakni untuk melatih dan mengasah bakat seni dari siswa siswi MAN 4 Sleman dan membentuk karakter kekompakan, gotong royong, disiplin, saling pengertian dan saling memahami.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Sejarah, Bahasa, Sastra Permuseuman Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Anas Mubakir, S.S, Kepala Tata Usaha UPTD MGM, Imam Muslih, S.IP., Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Sleman, Drs. H. Suharto, Ketua Komite MAN 4 Sleman, H. Tuyahmin, S.Ag., dan Perwakilan Kepala Desa Harjobinangun, serta beberapa siswa undangan dari SMPN 3 pakem dan MTsN 7 Sleman dan juga Duta Museum 2022.

“Tujuan museum masuk sekolah agar para siswa semakin senang dengan museum,” ungkap Anas.  “Fertival ini dibiayai dengan dana anggaran keistimewaan, kemudian diberikan ke MAN 4 Sleman agar dapat menampilkan potensi seni budaya yang ada,” jelasnya. Tak lupa, Anas mengajak para siswa untuk mengunjungi museum-museum yang ada di Yogyakarta.

Sedangkan dalam sambutannya, Suharto menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan museum masuk sekolah yang banyak memberi manfaat bagi para siswa khususnya siswa MAN 4 Sleman. “Museum tersimpan banyak benda yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar, dengan mengunjungi museum, anak-anak akan menemukan inspirasi sebagai sarana pengembangan ilmu dimasa mendatang,” paparnya. Harapanya kegiatan ini akan berkelanjutan sehingga menambah wawasan dan koleksi sumber belajar para siswa, yang pada akhirnya tujuan pendidikan akan mudah dicapai.

Bakat seni siswa di bidang tari, pencak silat, hadroh dan seni peran diolah kemudian ditampilkan dalam aksi teatrikal yang dipentaskan pada festival Baramus tersebut. Yang paling seru dan meriah, aksi flash mob jogged Maumere oleh seluruh hadirin, tak terkecuali tamu undangan. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button