News

Seru! Aksi Teatrikal Siswa MAN 4 Sleman pada Festival Barahmus 2022

Sleman (MAN 4 Sleman) – Aksi teatrikal bertajuk “Merapi Sumber Kemakmuran“ dipentaskan oleh siswa siswi MAN 4 Sleman dalam rangka memeriahkan Festival Badan Musyawarah Musea (Barahmus) 2022. Aksi digelar di panggung halaman madrasah, Kamis (24/11/2022) berlangsung seru.

Teatrikal yang mengambil latar kehidupan masyarakat lereng gunungapi Merapi ini menarik para hadirin. Seluruh lakon diperankan oleh para siswa. Awang Rebo Legi, sutradara dari aksi teatrikal mengemas cerita dengan apik dan obyektif. Seluruh bakat seni siswa dibidang seni musik, seni suara, seni tari, seni pencak silat, hadroh dan seni peran dikemas jadi satu dalam aksi teatrikal yang luar biasa.

Cerita bermula dari pak lurah yang membawa kabar bahwasanya gunung Merapi akan Meletus. Warga menanggapi bahwa kabar tersebut hanyalah rekayasa dari para pejabat. Mereka beranggapan bahwa harta benda yang mereka miliki akan dirampas oleh para pejabat ketika ditinggal mengungsi. Namun sebagian warga yang pro pejabat, mendukung pak lurah, karena mengungsi demi keselamatan mereka juga. Pro dan kontra terus bergulir antara kedua kubu tersebut. Situasi memanas dan berkembang menjadi tawuran masal. Namun pada akhirnya semua berakhir damai karena ternyata aksi pak lurah tersebut hanyalah simulasi seandainya terjadi erupsi Merapi. Cerita selengkapnya dapat dinikmati di https://youtu.be/ZfvN77bMwwE.

Di akhir pentas, seluruh hadirin diajak melakukan flash mob.  Kepala Madrasah, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd., Kepala Bidang Sejarah, Bahasa, Sastra Permuseuman Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Anas Mubakir, S.S, Kepala Tata Usaha UPTD MGM, Imam Muslih, S.IP., dan tamu undangan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Sleman, Drs. H. Suharto, Ketua Komite MAN 4 Sleman, H. Tuyahmin, S.Ag., serta beberapa siswa undangan dari SMPN 3 pakem dan MTsN 7 Sleman, tumpah ruah bersama guru pegawai dan siswa MAN 4 Sleman berjoged Maumere bersama.

“Alhamdulillah…meski dengan persiapan yang hanya beberapa hari, para siswa tampil apik. Terima kasih kerjasamanya buat Museum Gunung Merapi,” ujar Wakil Kepala Urusan Saran Prasarana MAN 4 Sleman, Dra. Indriani Widiastuti.  “Luar biasa…..meriah pollll,” ungkap Nur Wahyudin Al-Azis, M.Pd., Kepala Laboratorium Keterampilan. Keseruan juga diungkap oleh Habib, siswa pemeran pro pejabat (anak buah pak lurah). “Acara festival ini sangat meriah dan istimewa. Kegiatan ekstra di bidang seni di kolaborasikan bersama dalam aksi teatrikal. Keren!,” serunya. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button