News

Isra’ Mi’raj di MAN 4 Sleman : Optimis Menggapai Masa Depan

Berkreasi dan Berprestasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Setiap insan tua muda atau anak-anak pasti pernah merasakan galau dalam hidupnya.  Banyak penyebab kegalaun dalam hidup, masalah keluarga, galau dengan hasil belajar, galau menatap masa depan, atau karena cinta tak tercapai, ditinggal sahabat terkasih.  “Ketika galau, kemana dan di mana mengadu?  Di kafe, nongkrong di kopi-kopi, diskotik?  Saat galau butuh bimbingan. Sebagai remaja muslim terpelajar, tentu tempat yang layak untuk mengadu adalah masjid, mengadu kepada Allah Subhanahu wata’aala,” papar Ustad Willi Ashadi,S.H.I.,M.A. saat menyampaikan tausiah Kajian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Rabu (02/03/2022) di aula  MAN 4 Sleman.

Ustad Willi menegaskan menjadi remaja muslim terpelajar, saat galau jangan mudah putus asa, “Yakinlah, semua ujian yang membuat galau pasti ada solusinya.  Mencari solusi jangan kepada makhluk. Berharap kepada makluk hanya akan membuat kecewa.  Berharaplah dan mengadulah kepada Allah Subhanahu wata’aala, pasti ada jalan.  Dan penawar galau adalah sholat.  Begitu ada panggilan adzan segeralah sholat,” lanjut ustad dari Medan yang sudah 21 tahun tinggal di Yogyakarta itu.  Rasulullah Muhammad SAW saat galau karena ditinggal orang-orang terkasih pun menyerahkan sepenuhnya kepada Allah Subhanahu wata’aala.   Saat suasana duka atau amul huzni, Rasulullah bersandar kepada Allah dan di-isra’mi’raj-kan hingga Sidratul Muntaha, salah satunya menerima perintah Sholat.

Ustad yang kesehariannya dosen Hubungan Internasional (HI) Universitas Islam Indonesia (UII) menegaskan agar siswa tetap bersemangat optimis untuk studi lanjut.  Banyak jalan untuk memperoleh ilmu seperti beasiswa.  Contohnya nyata adalah  dirinya yang memperoleh beasiswa menuntut ilmu di Yogyakarta.  UII pun menawarkan banyak beasiswa yang bisa diraih oleh siswa-siswi madrasah seperti beasiswa hafidz 15 juz, beasiswa berprestasi, olah raga dari kelurga dhu’afa dan lainnya.  Maka tetaplah semangat dengan tekun beribadah serta tetap optimis menggapai cita-cita.

Pengajian diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari UII kepada MAN 4 Sleman dan MAN 5 Sleman.  Sebuah Mushaf Qurán beserta terjemahan dan 17 judul buku yang selanjutnya diserahkan ke perpustakaan madrasah. Pengjian dengan tema Implementasi Hijrah Rasulullah SAW dalam Kehidupan Generasi Milenial, merupakan kerja sama antara Dakwah Hijrah Mahasiswa (DHM) UII dengan OSIS MAN 4 Sleman.  (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button