News

MAN 4 Sleman Siapkan Siswa Sukses SPAN PTKIN & UTBK

Semangat Meraih Prestasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Untuk mempersiapkan seleksi masuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( PTKIN) dan Ujian Tulis Berbaisi Komputer (UTBK) 2022 MAN 4 Sleman menghadirkan Coach Rochiem MA, Founder MappingQu dan ahli di bidang penjurusan studi lanjut.  Acara dikemas dalam format konseling santai ini diikuti siswa-siswi terpilih yang masuk SPAN PTKIN, dari jurusan MIPA, IPS dan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK) bertempat di aula 2 MAN 4 Sleman.

 

Untuk sukses memilih jurusan Perguruan Tinggi Negeri baik keislaman Negeri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. “Pertama, harus sesuai dengan kompetensi dan passion diri, apakah jurusan tersebut sesuai minatnya atau tidak. Hal ini penting sekali agar bisa menghasilkan progres terbaik dalam studi. Yang kedua, harus melihat mengukur sejauh mana kompetisi daya saingnya karena hal ini sangat berkaitan dengan daya kuota setiap jurusan,” papar Coach Rachiem Kamis (10/3/2022) di hadapan 60an peserta.  Yang ketiga, adalah memastikan diri berkembang saat pembelajaran di jurusan yang dipilih.  Ketika sudah sesuai passion diri, maka besar kemungkinan akan sangat mempengaruhi tingkat endurance dan berkembang dirinya, ujar founder MappingQu itu.

Coach Rochiem yang juga pakar kepribadian mengungkapkan, untuk tembus jalur SPAN PTKIN, perlu diperhatikan seberapa “ukuran baju diri dan madrasah”. Karena jalur ini bukan jalur tes tertulis namun jalur seleksi prestasi raport dan prestasi non akademik yang lain. Jadi akumulasi total nilai raport dan indeks madrasah sangat berpengaruh dalam berkompetisi dengan siswa siswi yang masuk di dalam jalur tersebut. Hal paling penting adalah bisa memprediksi nilai raport dan indeks sekolah bisa melampaui passing grade jurusan yang dipilih.  Ini penting agar setelahnya bisa memprediksi seberapa besar daya saing sesuai kuota jumlah mahasiswa yang dibutuhkan.

“Dengan mengukur size baju diri dan madrasah atas dasar nilai raport dan indeks madrasah lolos passing grade serta diikuti prediksi kuota dan daya saing, menjadikan siswa-siswi MAN 4 Sleman semakin cerdas menentukan jurusan yang dipilih untuk lolos” pungkas Coach Rochiem MA.  Seluruh siswa antusias mengikuti kegiatan terbukti banyaknya respon berupa berbagai pertanyaan kepada Coach Rachim.  (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button