News

MAN 4 Sleman Berikan Motivasi Peserta Didik Kelas XII

Siap Diri Meraih Prestasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Keberhasilan dengan nilai excellent mungkin peringkat ke-20, namun kepribadian akhlaq dan karakter mulia harus dinomorsatukan.  Agar memiliki kepribadian dan karakter utama perlu dua hal yakni kejujuran dan disiplin.  “Sebagai peserta didik madrasah, untuk dapat mencapai kesuksesan harus lulus terlebih dahulu dari madrasah ini.  Oleh karena itu, ikuti dan jalani semua persyaratan yang diberlakukan di madrasah agar lulus dengan nilai baik.  Dengan nilai baik akan lebih mudah studi lanjut kuliah di Perguruan Tinggi yang diinginkan,“ pesan Mohamad Yusuf,S.Ag kepala MAN 4 Sleman saat membuka acara Achievement Motivation Training (AMT) bagi peserta didik kelas XII IPS & IIK Rabu (10/03/2021) di aula setempat.

Yusuf me-wanti-wanti agar seluruh peserta didik kelas XII memiliki niat, hasrat kuliah tahun ini atau di tahun mendatang.   Tujuannya agar setelah lulus memiliki pendidikan yang lebih maju, lebih tinggi untuk meraih kesuksesan hidup.   Sementara Nurwahyudin Al-Azis,M.Pd motivator nasional menegaskan sukses itu harus dibangun dari diri sendiri. Gerakan tubuh yang penuh semangat akan memicu otak bagian neurocortex lebih aktif, maka lakukan senam khususnya senam otak.  “Peserta didik kelas XII ibarat berada di tempat yang posisinya genting. Maka harus sadar posisi, supaya tidak terjatuh.  Untuk sukses perlu memiliki tujuan yang jelas, pastikan tujuan dituliskan,” papar Azis yang menyampaikan auto suggestion power. 

Penting bagi peserta didik untuk mengenali penyebab kegagalan yakni tujuan tidak jelas, menganggap tujuan mustahil, tidak merasa harus, tidak fokus, pembenaran kesalahan, beralasan, menyalahkan, dan tidak tahu jalur menuju sukses, tegas Azis dengan beberapa contoh konkrit.  Maka ada 4 hal yang harus dihindari yakni minder, pesimis, malas dan ceroboh.  “Minder adalah penghambat kesuksesan.  Pesimis penghalang kesuksesan. Malas adalah musuh utama kesuksesan, sedangkan ceroboh adalah penghancur kesuksesan.  Ingat prestasi luar biasa tidak bisa diraih dengan biasa,” tandas motivator yang pernah mengisi pelatihan di berbagai provinsi itu.

AMT tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermoguns, seluruh peserta & nara sumber mengenakan masker, cuci tangan dengan air mengalir/handsanitizer sebelum & sesudah masuk ruang serta tempat duduk berjarak.  Agar tak terjadi kerumunan, kegiatan terbagi dalam dua shifts.  Angkatan pertama kelas 12 IIK dan IPS Rabu (10/03/2021) dan Jum’at (12/03/2021) untuk shift kedua Kelas 12 MIPA. (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

berita ini juga dapat diakses di :  MAN 4 Sleman Berikan AMT Peserta Didik Kelas 12 – Website Kementerian Agama RI Kanwil DIY (kemenag.go.id)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button