News

MAN 4 Sleman Gelar Parenting untuk SMP N 4 Sleman

Kerja Sama Saling Menguntungkan

Sleman (MAN 4 Sleman) – Pandemi telah mengubah berbagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan.  Adanya kebijakan pembelajaran daring menuntut orang tua untuk berperan aktif dalam proses pendidikan dan pembelajaran.  “Sangat dibutuhkan kerja sama antara sekolah dengan orang tua apa lagi saat ini anak banyak berada di rumah. Oleh karena itu mohon kerja samanya dalam pembelajaran daring.  Pernah kami home visit untuk anak yang kurang aktif (Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), saat kami sampai di rumahnya ternyata anak masih tidur.  Ini fakta yang pernah kami alami.  Kami tidak ingin hal seperti ini terulang, inilah pentingnya kerja sama antara sekolah dan orang tua,” kata Sri Supriyanti,S.Pd kepala SMP Negeri 4 Sleman saat memberikan sambutan pada parenting untuk orang tua / wali siswa-siswi di sekolah tersebut Sabtu (6/3/2021) di Manesa Cinema MAN 4 Sleman.

Supriyanti menegaskan pentingnya peran aktif orang tua dan wali di dalam memantau kegiatan putra-putrinya.  Ia juga menyampaikan agenda akhir tahun pelajaran 2020/2021 seperti try out, TPHBS hingga Assesment Standar Pendidikan Daerah (ASPD).  Dengan sinergi kerja sama antara sekolah dan orang tua/ wali diharapkan seluruh peserta didik lulus 100% tambahnya.    “Sekali lagi sangat dibutuhkan partisipasi dan peranserta orang tua dan wali demi kesuksesan bersama, kesuksesan seluruh peserta didik.  Sangat penting pula tetap menanamkan nilai-nilai karakter dan budi pekerti mulia,” tegasnya.  Orang tua bersama anak harus membuat target berapa nilai yang akan diperoleh saat ASPD sehingga dapat memperoleh sekolah yang diinginkan. Kegiatan Parenting menghadirkan motivator nasional Nur Wahyudin Al-Azis,M.Pd dengan tema menjadi orang tua efektif di masa pandemi.

Kalau di sekolah ada program, maka di rumah pun demikian sehingga kerja sama sekolah dan keluarga harus bersama.  Anak adalah asset dunia akhirat, tugas utama orang tua berkewajiban untuk kemajuan anak sedangkan sekolah sebatas membantu, tegas Azis.  Harus ada ghiroh dan kebersamaan untuk bersama mendidik dan menyiapkan anak.   Ada tiga keinginan orang tua terhadap orang tua yaitu anak kita harus sehat sholeh dan pintar.  Sementara tantangan mencapai ketiganya tidak mudah yakni HP, internet, dan game dan semua itu butuh pengendalian tanpa kekerasan.  Orang tua harus selalu meng-update pengetahuan sehingga ada celah-celah dan kesempatan untuk membimbing anak dengan baik benar terarah. Selain itu ada tantangan lain berupa dakwah, keluarga, dan pergaulan maupun sekolah.  Itulah tantangan yang harus dihadapi orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak.  Kedepankan kasih sayang pada anak, tegas dengan kearifan masing-masing.

Usai parenting untuk orang tua dan wali kemudian dilanjutkan motivasi untuk seluruh peserta didik kelas 9 SMP N 4 Sleman dengan topik Sukses Belajar di Masa Pandemi.  Hal yang utama adalah siswa harus bisa mengenali gaya belajar apakah audiory kinestetik, ataukah visual.  Ketiganya dijalani dengan tepat sehingga tujuan belajar tercapai mencapai sukses, tegas Azis.  Parenting dan motivasi diselenggarakan secara daring dengan menggunakan zoom meeting di studio Manesa Cinema. (eds)

 

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button