News

Outing Class Wisata Budaya Perluas Wawasan Siswa MAN 4 Sleman

Sleman (MAN 4 Sleman) – Mewujudkan madrasah indah bersih indah nyaman perlu banyak aksi.  Diperlukan pula kunjungan ke desa wisata untuk memperluas wawasan khususnya peserta didik.  “Salah satu outing class dilakukan di Desa Panglipuran desa wisata yang terletak di Bangli.  Sebuah desa yang indah di mana seluruh penduduknya menjunjung tinggi keindahan dan kebersihan.  Sudah menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat Panglipuran, bangun tidur kemudian membersihkan rumah dan lingkungan,” tutur Asri Widyawati,S.Pd,MSi salah satu pendamping Jum’at (28/2/2020) saat sampai di kampus MAN 4 Sleman (Manesa).

Berkunjung ke desa Panglipuran, lanjut Asri, bisa membuka dan memperluas wawasan siswa terutama dalam pengelolaan lingkungan.  “Kunjungan tersebut sangat bagus, inspiratif, para siswa pun terbuka wawasannya.   Mudah-mudahan bisa diterapkan untuk mensukseskan madrasah adiwiyata,” tegasnya. Mengutip sumber   data informasi dari Laman Wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Desa_Penglipuran#Masyarakat), Penglipuran adalah salah satu desa adat di Kabupaten Bangli BaliIndonesia.  Desa ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Bali karena masyarakatnya masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional  di kehidupan sehari-hari. Arsitektur bangunan dan pengolahan lahan masih mengikuti konsep Tri Hita Karana, filosofi masyarakat Bali mengenai keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia, dan lingkungan. Mereka berhasil membangun pariwisata yang menguntungkan seluruh masyarakatnya tanpa menghilangkan budaya dan tradisi mereka. Pada 1995, Penglipuran mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Indonesia atas usahanya melindungi Hutan Bambu di ekosistem lokal.

Outing class dan Wisata Budaya diikuti 139 siswa kelas 11 MIPA-IPS-IIK dengan 12 pendamping, berlangsung Senin – Jum’at (24-28/2).  Selain berkunjung ke Penglipuran, rombongan juga mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Bedugul, Tanah Lot, Garuda Wisnu Kencana dan destinasi favourit lainnya. (eds)

Berita ini juga dimuat di laman

https://diy.kemenag.go.id/5280-outing-class-dan-wisata-budaya-perluas-wawasan-siswa-man-4-sleman.html

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button