News

Puncak Class Meeting Virtual OSIS MAN 4 Sleman Gelar Inauguration Day

Tetap Berprestasi Saat Pandemi

Sleman (MAN 4 Seman) – Class meeting merupakan agenda rutin yang dilakukan  para siswa usai melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau menjelang penerimaan raport.  Selain untuk mengisi waktu luang, class meeting juga sebagai wahana penyegaran positif bagi siswa.  Event rutin itu juga digunakan sebagai ajang pengembangan bakat dan menggali potensi siswa dalam bidang olah raga dan seni.   Melalui class meeting Pembina OSIS dapat memberikan pembinaan dan pendampingan sementara pelaksanaanya sepenuhnya oleh pengurus OSIS PRATISMA MANESA.

Kegiatan yang mempertemukan antar kelas dalam bentuk  pertandingan ini juga dilaksanakan  OSIS PRATISMA MANESA di akhir semester gasal Tahun Ajaran 2020/2021.  Pandemi covid-19 tak menyurutkan semangat pengurus OSIS untuk menyelenggarakan class meeting virtual.  Bak gayung bersambut, para peserta juga merespon dengan penuh antusias, terbukti seluruh kelas mengirimkan hasil karya untuk setiap cabang lomba yang diadakan.

Sebagai wujud penghargaan bagi para pemenang lomba, class meeting MAN 4 Sleman (MANESA) resmi diakhiri dengan acara Inauguration Day pada Kamis (17/12/2020) berlangsung sederhana namun berkesan di aula MANESA.  Acara diawali dengan babak final e-sport pada pukul 09.00.  Ditemui saat acara berlangsung, Annisa Nur Laili Zahro, ketua OSIS PRATISMA sekaligus ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa acara inauguration day ini merupakan event yang dipersiapkan organisasi yang dipimpinnya untuk memberikan penghargaan kepada  pemenang serta ajang pentas seni untuk menyalurkan bakat.

“Ada 4 jenis perlombaan yang diadakan, yakni lomba e-sport, singing contest, photography dan MC. Semua perlombaan tersebut dilakukan secara virtual dengan cara mengirimkan video untuk jenis lomba singing contest dan MC, sedangkan untuk fotography mengirimkan hasil foto disertai keterangan nama fotografer dan modelnya via whatsapp (WA) ke panitia, dikarenakan pandemi covid-19,” ungkapnya.

“Perlombaan dilaksanakan sejak 8 Desember 2020 untuk memberi kesempatan peserta membuat dan mengirimkan hasil karya mereka sebelum deadline 14 Desember, sedangkan untuk lomba e-sport, babak penyisihan dilaksanakan tanggal 14, untuk semi final tanggal 16 dan finalnya saat inagurasi ini,” lanjut Annisa.

Acara secara resmi dibuka Triyono, S.Pd Wakil Kepala Bidang Kurikulum,.  Mengawali sambutannya, Triyono, menyampaikan permintaan maaf karena Kepala Madrasah tidak dapat memberikan sambutan secara langsung dikarenakan lingkungan tempat tinggalnya ada yang positif covid-19, untuk kehati-hatian kamad lebih banyak menghindari kerumunan dan jaga jarak.  “Masa pandemi bukan halangan bagi para siswa untuk berkarya, justru kesempatan yang luas bagi kalian untuk menggali potensi, bakat dan minat kalian melalui PJJ maupun perlombaan virtual seperti ini. Saya juga mengapresisasi kerja OSIS yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan class meeting hingga inagurasi ini. Jadikan kegiatan seperti ini sebagai pembelajaran kalian tentang bagaimana cara mengemas sebuah kegiatan sehinga berjalan lancar dan sukses. Kepada peserta pun saya ucapkan terimakasih atas partisipasi aktifnya,” tuturnya.

Yuliyanto, S.Pd, pembina OSIS menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengurus, peserta, serta wali kelas atas motivasinya kepada siswa siswa perwaliannya sehingga tumbuh jiwa kompetitif.  “Tujuan utama class meeting adalah untuk menemukan bibit unggul potensial yang nantinya dapat dilibatkan dalam kompetensi di luar madrasah. Masa pandemi yang mengharuskan kalian tinggal di rumah bukan alasan tidak melakukan kegiatan yang bermanfaat, terus asah dan gali bakat potensi kalian,” pungkas Yuliyanto.

Acara cukup seru ketika pembawa acara mulai membacakan, menampilkan nominasi dan mengumumkan pemenang dari setiap cabang lomba. Turut hadir dalam acara  dan menyerahkan hadiah lomba, Dwi Astuti Handayani, S.Pd.Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, dan Edi Purwanto,S,Pd staff. Di sela-sela acara pembacaan nominasi dan pengumuman pemenang, diselingi penampilan peserta dan pengurus OSIS yang secara bergantian unjuk kebolehan musik dan tarik suara. (Tutut)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19  

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button