News

Siswa MAN 4 Sleman Ciptakan Abon Berbahan Nangka Muda

Muda Kreatif Berkarakter Ber-entrepreneur & berkinerja

Sleman (MAN 4 Sleman) – Tiga siswa MAN 4 Sleman melakukan kreasi dan inovasi yakni membuat abon dari nangka muda.  Abon berbahan nangka muda tersebut merupakan hasil experiment dari penelitian ketiga siswa tersebut.  Kemudian mereka mengemas menjadi produk inovataif dan diikutkan dalam lomba Business Plan UPY.  “Alhamdulillah, produk yang kami kirimkan menjadi finalis National Business Competition 2022.  Mohon do’a restu dan dukungan semoga meraih juara,” papar Kevin Ari Aprianto bersama dua temannya didampingi Asri Widyawati,S.Pd,M.Si selaku pembimbing Rabu (13/4/2022).  Kevin Ari Aprianto (XI MIPA 1), Nasfa Aulia (XI MIPA 2), Radhia Farsya (X MIPA 1) y tergabung dalam Manesa Young Researchers (Mayors) dan juga siswa kelas Agribisnis Hasil Pertanian (APHP).  Selain menjelaskan proses pembuatan, mereka juga paparkan penghitungan nilai ekonomis seperti keuntungan produk tersebut.

Yuliyanto,S.Pd Pembina OSIS kemudian memasang status tentang kreasi ketiga siswa tersebut dengan tujuan untuk mencari dukungan.  Tak dinyana, inovasi tersebut mendapat respon positif dari Vista Ari Rahmawati, S.Tr.Gz Nutrisionis Muda dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Vista menanyakan kandungan gizi abon berbahan Nangka muda tersebut,  “Siapa tahu produk ini nantinya bisa menjadi olahan yang bisa dikembangkan menjadi produk lokal untuk penanganan stunting, isu dan upaya pemerintah mengurangi stuting lagi banyak dibicarakan,” tegasnya.

“Abon barbahan nangka ini sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Nangka muda kaya akan vitamin C, antioksidan dan tinggi serat,” terang Kevin singkat dan diamini Asri Widyawati.  Kreasi ketiga siswa tersebut mendapat banyak apresiasi dari guru-guru.  Miatuhabah guru yang juga pemerhati kuliner, menekankan agar abon tersebut sebaiknya dikeringkan supaya tak cepet basi.  Bu Mia sempat mengkonsumsi satu kemasan dan katanya hanya tahan maksimum dua hari.  Sementara Umi Hidayati guru APHP mengusulkan terkait kandungan gizi, perlunya melakukan kerja sama dengan universitas untuk validitas ilmiah.  “Terima kasih atas dukungan untuk tim, anak-anak tetap semangat untuk melakukan perbaikan,” tutur Asri menanggapi dukungan dari guru-guru.

“Saya mengapresiasi inovasi anak-anak, semoga semakin sukses.  Ini semakin menegaskan MAN 4 Sleman (MANESA) membekali siswa agar kreatif, berkarakter, ber-entrepreneur dan berkinerja,” kata Mohamad Yusuf,S.Ag.M.Pd kepala MAN 4 Sleman. (eds)

Abon Berbahan Nangka Muda Karya Siswa MAN 4 Sleman Finalis National Business Competition 2022 – Website Kementerian Agama RI Kanwil DIY (kemenag.go.id)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button