News

Antusias , Guru MAN 4 Sleman Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Sleman (MAN 4 Sleman) – MAN 4 Sleman akan menerapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2023/2024. Guru sebagai gardan depan pendidikan diharapkan mampu mengasah kompetensi dan memperluas wawasan terkini demi memberi layanan terbaik kepada peserta didik.  Untuk itu, MAN 4 Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (Bimtek IKM). Bimtek direncanakan berlangsung selama 2 (dua) hari, yakni Senin dan Selasa (10-11/7/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Drs. Ahmad Arif Makruf, M.A., M.Si., mengatakan bahwasanya tujuan utama diselenggarakannya Bimtek IKM adalah agar semua guru memahami kurikulum merdeka dan madrasah mampu menyusun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) yang akan diterapkan. “Dalam menyusun KOM, diibaratkan kita membangun rumah, ada pondasi, tembok kemudian atap. Jadi yang terpenting adalahh unsur utama lengkap dan terpenuhi terlebih dahulu. Untuk penyempurnaan bisa sambal jalan,” jelas Arif.  

Terdapat 3 narasumber yang hadir pada hari pertama adalah yakni Drs. Daryono, M.Pd. dan Dra. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd. Keduanya merupakan Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Sleman.  Hadir pula Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum, JFT Pengembangan Teknologi Pembelajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.  Sedangkan dihari kedua  direncanakan hadir Tim dari SMAN 1 Patuk.

Para guru terlihat semangat dan antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di aula 2, MAN 4 Sleman tersebut. Guru sadar bahwasanya guru tidak boleh hanya folus pada penguasaan pengetahuan peserta didik tetapi lebih fokus pada pembentukan karakter peserta didik dan membekali kompetensi abad-21 serta keterampilan hidup dengan cara kreatif sesuai kebutuhan peserta didik pada zamannya. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button