News

Dukung Transformasi Digital, MAN 4 Sleman Gelar Pelatihan Optimalisasi JMD

Sleman (MAN 4 Sleman) – Perlahan tapi pasti, dunia pendidikan mengalami adanya transformasi digital. Pergeseran teknologi ini mendorong madrasah mengubah pola pikir guru dan siswa.  Tidak hanya sekedar apa yang dipelajari oleh para siswa namun juga bagaimana kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Dalam usaha mendukung tercapainya transformasi digital dibidang pendidikan, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan Jogja Madrasah Digital (JMD). JMD merupakan aplikasi yang memudahkan guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran dengan metode blended-learning. Melalui kegiatan Menyapa Rabu Pagi (MERAPI), MAN 4 Sleman melakukan pelatihan optimalisasi penggunaan JMD, Rabu (19/10/2022).  

Kepala MAN 4 Sleman, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. mewajibkan semua guru menggunakan JMD secara optimal. “Guru wajib mengoptimalkan penggunaan JMD. Dengan JMD guru dapat mencatatkan jejak digital kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di MAN 4 Sleman,” tegasnya. “JMD terus melakukan updating sesuai dengan kebutuhan guru. Saat ini guru sudah bisa melakukan pencatatan jurnal mengajar, input nilai dan juga kehadiran siswa,” imbuhnya.

Pernyataan Kepala Madrasah tersebut diperkuat dengan penjelasan narasumber pelatihan, Rio Winanta Tanjung, ST. (Pembina Yayasan Generasi Cerdas Mandiri). “Filosofi dari JMD adalah mencatatkan jejak digital. JMD saat ini bisa untuk input nilai. Ujian atau penilaian bisa menggunakan apa saja dan nilai bisa diinput di JMD,” terangnya. “JMD juga sebagai wadah guru melaporkan kegiatan pembelajaran. Pengajaran guru tercatat, terangkum dan atasan pun dapat dengan mudah memantau progress kegiatan belajar mengajar guru,” lanjutnya.

Pelatihan berlangsung interaktif. Peserta dengan antusias menyimak penjelasan narasumber. Adanya fitur-fitur baru di JMD, mendorong peserta mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan seputar pengalaman guru dalam menggunakan JMD dan ekspektasi guru untuk fitur JMD yang lebih memudahkan dalam pengoperasiannya. Pelatihan diakhiri dengan praktik penggunaan fitur-fitur baru JMD. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button