News

Kepala MAN 4 Sleman Dukung MoU Kanwil Kemenag DIY dengan UIN Saizu Purwokerto

Sleman (MAN 4 Sleman) – Kesempatan menempuh studi lanjut bagi siswa lulusan madrasah Aliyah semakin terbuka lebar setelah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY dan Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. KH Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto memperkuat kerjasama dengan meneken nota kesepahaman (MoU) disela-sela sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada Senin (15/5/2023) di Aula lantai III Kanwil Kemenag DIY.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Dr. Masmin Afif didampingi Kepala Bidang Dendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Mukotip, dan jajaran JFT pada bidang Pendidikan Madrasah. Sementara dari UIN Saizu hadir rektor Prof. Mohammad Roqib, wakil rector I, Prof. Fauzi, dan Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Edhi Gunawan.

Turut serta dalam kegiatan tersebut 15 Kepala Madrasah Aliyah Negeri , 57 Kepala Madrasah Swasta, dan 25 Pimpinan Pondok Pesantren di DIY. Menurut Kakanwil Masmin Afif, pihaknya akan mendorong lulusan siswa madrasah Aliyah untuk meneruskan pendidikan di UIN Saizu. Senada dengan Kakanwil, Rektor Prof. Mohammad Roqib menjelaskan, pihaknya saat ini sedang membangun 5 (lima) Gedung perkuliahan di Purbalingga dan 1 (satu) Gedung di samping Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di Purwokerto. “Tentu kami akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 4 Sleman, Drs. Arif Makruf, M.A., M.Si., yang ikut hadir menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut mengungkapkan rasa syukur. “ Alhamdulillah, MoU antara Kanwil Kemenag DIT dengan UIN Saizu Purwokerto telah diteken memberikan peluang bagi lulusan madrasah kita untuk melanjutkan studi kuliah di UIN tersebut,” ungkapnya pada rapat dinas yang berlangsung di Aula Lantai II MAN 4 Sleman, Selasa (16/05/2023). “Kita diberikan jatah sebanyak 10 (sepuluh) siswa untuk masuk UIN Saizu Purwokerto tanpa tes. Banyak pilihan jurusan yang bisa dipilih, diantaranya arsitektur, lingkungan, tadris, dan agama islam,” lanjutnya. Untuk itu, Arif meminta Wali Kelas XII untuk mendorong siswa semangat melanjutkan studi lanjut ke UIN Saizu Purwokerto. “Jarak yang ditempuh tidak jauh, hanya butuh 2,5 jam naik kereta dari jogja,” pungkasnya. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button