News

MAN 4 Sleman Gelar Rakor Bahas PKKM dan Akreditasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Menjelang pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada pertengahan bulan November dan Akreditasi Madrasah pada tahun 2023,  MAN 4 Sleman menggelar Rapat Koordinasi (Rakor).  Rakor dilaksanakan pada kegiatan rutin MERAPI (Menyapa Rabu Pagi) Rabu (26/10/2022). PKKM merupakan kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data mengenai kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah.

Tolok ukur penilaian kinerja didasarkan pada 5 komponen yang tertuang dalam juknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019. Kelima komponen tersebut terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah ditambah dengan satu komponen tambahan. Kelima komponen tersebut meliputi : Usaha pengembangan madrasah, Pelaksanaan tugas majerial, Pengembangan kewirausahaan, Supervise kepada guru dan tenaga kependidikan dan Hasil kinerja kepala madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen tambahan (Hasil Kinerja Kepala Madrasah) dinilai perempat tahun sekali. “PKKM yang akan dilaksanakan pertengahan bulan November mendatang merupakan penilaian kinerja saya sebagai kepala madrasah untuk periode empat tahunanan yang ke-2,” ungkap Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd (Kepala MAN 4 Sleman) dalam sambutannya.

Disamping PKKM, MAN 4 Sleman juga akan menghadapi akreditasi madrasah pada tahun 2023. Untuk itu Yusuf mengharap seluruh civitas akademika MAN 4 Sleman berperan aktif turut serta menyukseskan kedua hajat madrasah tersebut. Senada seirama dengan harapan kepala madrasah, Triyono, S,Pd. (Wakil Kepala Urusan Akademik), mengingatkan kembali kepada guru dan pegawai akan tugasnya masing-masing dalam mempersiapkan PKKM dan akreditasi. “Guru dan pegawai diharapkan mempersiapkan semua eviden yang diperlukan sejak dini sesuai dengan tugas masing-masing yang telah tertuang dalam surat tugas,” ujarnya.  “Koordinator harus melaporkan progress persiapan akreditasi setiap bulan,” tegasnya. “Menjadi harapan kita semua semoga PKKM dan akreditasi mendapat nilai maksimal,” pungkasnya mengakhiri rakor. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button