News

MAN 4 Sleman Produksi Film Dokumenter Grati(s)fikasi

Berintegritas & Bebas Korupsi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Mengajar cukup lama dan mendekati purna terkadang sering mengurangi integritas dalam menjalankan tugas.  Tidak demikian dengan guru MAN 4 Sleman, meski sudah 34 tahun mengajar tetap semangat energik, terus belajar sehingga tak ketinggalan jaman.  Sang guru itu tidak mau kalah dengan tantangan zaman yang menuntut perubahan dalam proses pembelajaran.  Itulah yang menginspirasi produksi film Grati(s)fikasi,  karya sineas MAN 4 Sleman. “Beliau juga menginspirasi sebagai guru yang teguh pada nilai-nilai Islam. Karena baginya dengan teguh pada agama, maka segala godaan untuk berlaku menyimpang akan dijauhkan,” terang Nira Intan,S.Pd sutradara sekaligus penulis naskah film Grati(s)fikasi Senin (28/12/2020) di studio MANESA.

Sutradara memberi pengarahan kepada pemmeran film

Video dokumenter ini, lanjut Nira, diharapkan dapat menginspirasi para pendidik untuk selalu berpegang teguh pada integritas pelayanan publik.  Disamping itu, film pendek ini akan merepresentasi bagaiamana seharusnya menjadi seorang guru yang ideal.  Produksi film ini melibatkan para guru, pegawai dan siswa.  Siswa terlibat diantaranya Ifhtor Musa kelas X IPS 1, Zahra XI IPS 3 dan Nauval XI IPS 2.  Proses editing makan waktu dua hari, tegas Nira.  Mayoritas film ini menggambarkan keikhlasan seorang guru yang 34 tahun mengabdi meski awal tahun 2021 memasuki masa pension.  Adalah Dra. Hj Siti Rahayu yang sehari-hari dipanggil Bu Yayuk mengungkapkan suka dukanya dalam menjalankan tugasnya seorang guru.  Ia mengalami zaman pembelajaran manual hingga dengan pemanfaatan berbagai aplikasi di Teknologi Informasi (TI). Para actor yang terlibat dalam film diantaranya Hanik, Zahra, Bu Yayuk dan kepala madrasah.  Sedangkan Ifthor Musa sebagai editor.

Mohamad Yusuf,S.Ag kepala MAN 4 Sleman menyambut baik bahkan berperan dalam produksi film yang diikutsertakan dalam lomba Zona Integritas Kementerian Agama Kantor wilayah DIY.  “MAN 4 Sleman sebagai Lembaga Pendidikan di bawah Kementerian Agama berkomitmen sebagai wilayah bebas korupsi atau WBK dengan pelayanan terbaiknya,” tegasnya.  Film pendek Grati(s)fikasi  mendapat banyak apresiasi dan respon likes dan dapat diakses di (88) Grati(s)fikasi – MAN 4 SLEMAN – YouTube   MAN 4 Sleman terus beupaya untuk memberikan layanan terbaik, ramah, cepat, berintegritas dan bebas korupsi. (eds). Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19.  

Ayo tonton filmnya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button