News

Tingkatkan Profesionalitas Guru MAN 4 Sleman Hadirkan Pengawas Madrasah

Sleman (MAN 4 Sleman) – Supervisi pembelajaran adalah kegiatan pembinaan, konsultasi, pendampingan dan pemantauan proses pembelajaran, baik pada tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. “Supervisi pembelajaran dilaksanakan oleh supervisor dengan memperhatikan karakterisitk guru, karakterisik peserta didik dan kondisi satuan Pendidikan,” papar Drs. Daryono,M.Pd Pengawas dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman saat memberikan pembinaan kepada guru-guru MAN 4 Sleman Sabtu (17/9/2022) di aula 1 madrasah setempat. Objek supervisi, lanjut Daryono adalah pengembangan kurikulum pada aspek pembelajaran, perbaikan proses pembelajaran, peningkatan mutu layanan peserta didik, pemeliharaan dan perawatan atmosfir pembelajaran di madrasah.

            Daryono menyampaikan prinsip-prisip supervisi yakni adaptif, praktis, demokratif, kolaboratif, konstruktif, evaluatif dan humanis serta berkesinambungan.  Supervisi juga harus memberikan manfaat.  Adaptif, yakni menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi guru yang disupervisi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Praktis, yakni  tidak memberatkan guru, serta dapat memanfaatkan teknologi  informasi dan komunikasi.  Demokratif – yakni supervisi berazas musyawarah dan kekeluargaan.  Kolaboratif – saling memberdayakan antara guru dengan supervisor sehingga tercipta suasana menyenangkan. Konstruktif – yakni membangun inisiatif dan motivasi guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik.  Evaluatif, hasil supervisi harus memberikan deskriptif kualitatif dan bersifat humanis.  Harmonis yakni pelaksanaannya jujur dan terbuka, sabar antusias ajeg dan berkesinambungan, itu artinya dilakukan terencana, teratur dan berkelanjutan.

Supervisi juga memiliki fungsi sebagai penjaminan mutu kegiatan pembelajaran, bahan evaluasi guru untuk meningkatkan keprofesiannya agar lebih inovatif dan kreatif serta sebagai instrument guru untuk perbaikan, tegasnya.   Daryono juga memberikan prinsip-prinsip akreditasi beserta dokumnen-dokumen yang harus dipersipkan sejak dini. (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button