News

Kakanwil Launching Mappingqu Dari Jogja Untuk Indonesia

Semangat Meraih Prestasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Harus terus diupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas kelulusan siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) se – Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun yang siap kerja.  Peningkatan kualitas dan kuantitas tersebut harus mendapatkan support dari berbagai pihak.  Salah satu dukungan dan upaya tersebut berupa program Mapping Go CampusQu for Madrasah Aliyah Kamis (16/09/2021) di studio Manesa Sinema MAN 4 Sleman.

Suasana Launching Mappingqu: dari Jogja untuk Indonesia, special program Go CampusQu Mapping untuk siswa-siswi kelas XII Madrasah Aliyah se –DIY meriah dan bermakna. Launching program Mappingqu lebih spesifik menyasar pada siswa-siswi kelas XII MA diikuti lebih dari 350 peserta terdiri dari kepala MA negeri dan swasta, para guru Bimbingan Konseling (BK) dan siswa-siswi kelas XII se-DIY.

“Program ini sangat bagus karena kesuksesan suatu madrasah meliputi in put, proses, out put dan out come, dengan mapping go campusqu siswa lebih secara kompetensi dan peluang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju, dengan harapan agar kelulusan madrasah semakin meningkat,” papar Dr. H. Masmin Afif, M.Ag Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  DIY saat memberikan sambutan sekaligus me-Launching Program Mappingqu dari Jogja untuk Indonesia, Kamis (16/09/2021) melalui zoom meeting.  “Input bermutu dapat dilihat dari tercapainya standar minimal nasional, proses dikatakan bermutu apabila mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif kreatif inovatif menyenangkan.  Output dinyatakan bermutu apabila hasil pembelajaran dalam bidang akademik dan non akademik tinggi, outcome dinyatakan bermutu apabila lulusan terserap dalam dunia kerja atau di perguruan tinggi dan stakeholder menyatakan puas,” tegas Masmin Afif.  Untuk mewujudkan hal itu juga diperlukan kerja sama yang baik dengan banyak pihak

Dalam Launching program tersebut, Coach Rakhim,MA Founder MappingQu serta pelaksana program menegaskan bahwa siswa siswi kelas XII tidak hanya dibekali pemetaan kompetensi go campusqu, tetapi juga layanan gratis webinar-webinar milenial dengan nara sumber psikolog, motivator handal selama satu minggu berturut-berturut.  “Dari madrasah untuk madrasah, bahwa anak-anak madrasah bisa berkompetisi dengan siswa lain untuk terpetakan secara dini passion dan kesiapan menuju PTN yang dipilih,” ujar Rochiem Founder Mappingqu.com.  Usai launching dilakukan penyerahan MoU Mappingqu Go CampusqQu secara free untuk MA se-DIY yang diwakili Mohamad Yusuf,S.Ag selaku Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K2MA) DIY.

Turut hadir dan memberikan dukungan, H. Muntholib,S.Ag.MSI Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Pendidikan Madrasah Kementerian Agama DIY.  “Program ini sangat bermanfaat untuk siswa-siswi kelas XII MA, khususnya untuk meningkatkan out put siswa yang melanjutkan studi setelah lulus atau yang ingin memasuki dunia kerja, karena sebagian siswa juga ingin berwiraswasta setelah lulus,” papar Muntholib. Beberapa nara sumber yang hadir secara virtual diantaranya Prof. Djamaluddin Ancok,PhD, Psikolog, Dr. R Rahcmy Diana, MA, Psikolog, serta Hairul Umam Bento alumni madrasah, owner Bento Group Indonesia yang sukses menjadi penguasaha nasional. (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button