News

Guru BK SMP/MTs se-Sleman Antusias Ikuti Workshop di MAN 4 Sleman

Semangat Mengembangkan Profesionalitas

Sleman (MAN 4 Sleman) – Guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki peran strategis dalam menyiapkan serta mengembangkan potensi peserta didik hingga citra sekolah/madrasah.  “Kami mengapresiasi MAN 4 Sleman yang telah memfasilitasi kegiatan workshop penulisan karya tulis ilmiah ini.  Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam menunaikan tugas dan mengembangkan karier guru BK,” tutur Drs. H. Komarudin,M.Pd.I pengawas madrasah saat membuka Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru BK SMP/MTs kabupaten Sleman dan Sosialisasi Zona Integritas MAN 4 Sleman Selasa (15/02/2022) di aula 2 madrasah setempat.

Komarudin juga mengharapkan agar guru-guru BK terus mengembangkan profesionalitas, maka kegiatan ini cukup strategi bagi paara guru BK, tegasnya.  Sementara Mohamad Yusuf,S.Ag,M.Pd Kepala MAN 4 Sleman menyampaikan terima kasih atas partisipasi guru BK SMP/MTs yang telah aktif mengikuti kegiatan ini.  Yusuf juga menegaskan bahwa madrasah yang dipimpinnya adalah Lembaga Zona Integritas (ZI),  bebas dari praktek korupsi memberikan pelayanan prima.  Nara sumber pertama Dr Sugiyanto,M.Pd dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DIY dapat dapat diunduh di sini   Sugiyanto secara detail menjelaskan alur penulisan karya ilmiah untuk peningkatan karier guru Bimbingan Konseling (BK). Guru BK harus memiliki semangat untuk menulis untuk pengembangan karier dalam menunaikan tugasnya.

Sugiyanto menegaskan bahwa tugas pokok guru adalah mengajar dan mendidik, wajar jika sekolah merupakan rumah kedua.  “Untuk meningkatkan kualitas profesinya sebagai pendidik atau guru secara baik, maka pendidik selalu melakukan perbaikan pembelajaran/ pengelolaan sekolah secara terus menerus melalui refleksi.  Dan hal ini bisa dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tegasnya.  Melakukan penelitian tindakan (PTK/S) bagi guru/kepala sekolah merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas atau mengelola sekolah, memperbaiki kelemahan-kelemahan pembelajaran yang dilakukan melalui inovasi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Terdaftar 26 peserta dengan kehadiran 22 guru BK yang antusias mengikuti workshop. (eds) Silakan download materi dari Pak Sugiyanto : Penulisan Karya tulis Ilmiah Bagi Guru BK SMP/MTs

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button