News

Apel Pagi MAN 4 Sleman, Pembina Tegaskan Kedisiplinan

Sleman (MAN 4 Sleman) – Sering kali kita mendengar ungkapan “banyak jalan menuju Roma”, banyak cara untuk menggapai kesuksesan. Namun menurut Nuke Koesrini, S.H, staf kesiswaan, kedisiplinan adalah kunci utama kesuksesan. Hal tersebut ditegaskan oleh Nuke dihalaman tengah MAN 4 Sleman ketika menjadi pembina apel pagi, Senin (30/01/2023).

“Satu point penting yang harus dimiliki siswa adalah kedisiplinan. Kedisiplinan adalah kunci kesuksesan,” ungkapnya. Nuke mengamati, banyak siswa yang belum disiplin. Masih ditemukan sekelompok siswa ketika hadir dimadrasah, tidak langsung masuk kelas melainkan nongkrong terlebih dahulu ditempat parkir. Mereka baru berbondong-bondong masuk kelas ketika bel masuk berbunyi. Hal ini dinilainya sebagai bentuk ketidakdisiplinan.

Dicontohkan juga beberapa tindakan siswa yang mengindikasi kearah ketidaksiplinan. Di antaranya, pembiasaan asmaul husna pada setiap awal pembelajaran tidak diikuti siswa dengan baik, beberapa siswa tidak berseragam sesuai ketentuan dengan alasan masih di-laundry, dan juga siswa putri sering tidak memakai jilbab madrasah.

Disampaikan Nuke, kerapian juga bagian dari kedisiplinan. “Bagi siswa putra, ketika Panjang rambut sudah mencapai alis, segera rapikan,” perintahnya. “Ketika kalian mendaftar di MAN 4 Sleman, kalian tanda tangan surat kesanggupan untuk mematuhi tata tertib yang berlaku dimadrasah, maka dari itu patuhi hal tersebut, jangan banyak mengeluh. Jangan hanya pergantian jadwal saja kalian mengeluh. Kelas 12 harus bisa menjadi contoh yang baik bagi adik-adik kelasnya,” jelasnya.

Kegiatan sholat duhur berjamaah juga tak luput dari pengamatan Nuke. Masih dijumpai, siswa yang ketika jam sholat malah keluar dari madrasah. “Seharusnya sebagai siswa madrasah, sholat tidak perlu diingatkan lagi, begitu dengar adzan, harus disegerakan,” sarannya.  Kegiatan keagamaan merupakan nilai plus dari madrasah yang tidak ditemukan pada sekolah umum. “Bacaan sholat adalah doa, maka segeralah kalian sholat ketika adzan sudah dikumandangkan.  Ketika kamu memperbaiki sholatmu, Alloh akan memperbaiki hidupmu,” pungkasnya. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button