News

ATM! Pesan Kepala MAN 4 Sleman Dalam Pembekalan PKL Siswa APHP

Belajar di tempat kerja

Sleman (MAN 4 Sleman) – Guna mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL), siswa Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) MAN 4 Sleman diberikan pembekalan. Seperti halnya hari ini, Sabtu (10/12/2022) MAN 4 Sleman menggelar pembekalan PKL yang diikuti oleh siswa kelas XI MIPA 1 dan XI IPS 1 yang tergabung dalam kelas keterampilan APHP. Tujuan diadakannya magang atau PKL ini adalah untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, pengalaman, serta kemampuan dan keterampilan siswa.

Bertempat di Aula 2 MAN 4 Sleman, acara berjalan lancar. Kegiatan pembekalan dipandu oleh Umi Hidayati, S.P. guru keterampilan APHP.  Acara diawali dengan sambutan Kepala MAN 4 Sleman, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya, Yusuf memberikan pesan-pesan kepada siswa selama berada di tempat PKL. “Nanti selama di tempat PKL, silakan kalian terapkan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kalian amati mengapa produk ini bisa laku, apa yang menjadi kelebihan dari produk tersebut,” ungkap Yusuf dalam sambutannya. Selain itu, Yusuf meminta siswa untuk mengamati dan memperhatikan tentang kemasan dan cara pemasarannya.

Selain berpesan tentang proses awal sampai akhir dari produk, Mohamad Yusuf juga memberikan wejangan bagaimana bersikap selama mengikuti PKL. “Kalau bertemu dengan pelanggan, jangan sampai memunculkan wajah cemberut. Senyum, layani pelanggan dengan ramah dan selalu jaga sopan santun,” tambahnya. Di akhir sambutannya, Kepala Madrasah berpesan agar selalu menjaga sholat lima waktu di manapun berada dan sesibuk apapun. Acara dilanjutkan dengan penjelasan teknis tentang pengisian jurnal kegiatan, etika di tempat kerja, dan kerangka pembuatan laporan PKL yang disampaikan oleh Umi hidayati, S.P.  “Harapannya, dengan adanya program PKL ini bisa menjadikan para lulusan menjadi terampil dan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja kelak,” tegas Umi. (Nith)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button