News

Koperasi Mandiri MAN 4 Sleman Gelar RAT

Sleman (MAN 4 Sleman) – Rapat Anggota Tahunan (RAT) bisa dijadikan indikator bahwasanya sebuah koperasi itu sehat dan dikelola dengan baik. Untuk itulah Koperasi Mandiri MAN 4 Sleman menggelar RAT pada Sabtu (24/12/2022) di rumah makan Baleroso. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan rutin yang diselenggarakan oleh pengurus. RAT dilaksanakan sebagai wujud pertanggungjawaban pengurus dan badan pemeriksa kepada seluruh anggota atas kinerjanya selama satu tahun.

Selain dihadiri pengurus, Badan Pemeriksa (BP) dan seluruh anggota koperasi, RAT juga dihadiri oleh pembina koperasi yakni Kepala MAN 4 Sleman, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya Yusuf mengatakan bahwasanya agar koperasi semakin maju, anggota harus aktif. “Anggota koperasi harus aktif, harus pinjam dikoperasi supaya ada keuntungan koperasi yang dapat dibagikan kepada anggotanya dalam bentuk SHU. SHU merupakan bagian dari usaha menyejahterakan anggota,” ujar Yusuf.

Laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan koperasi selama satu tahun disampaikan oleh Tri Wahyono, M.Pd.Fis., ketua koperasi. Pak TW, julukan yang disematkan padanya, menyampaikan kebijakan pembatasan simpanan sukarela dalam jumlah tertentu sebagai upaya pemerataam Sisa Hasil Usaha (SHU) sudah mulai dirasakan oleh anggota pada pembagian SHU tahun ini. Keuntungan koperasi juga mengalami peningkatan. “Keuntungan koperasi meningkat tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara anggota dengan pengurus,” ungkapnya.

Sementara itu, Badan Pengawas (BP) yang bertugas melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja pengurus koperasi, Indriyani, S.Pd, dalam laporannya, memaparkan ratio keuntungan, modal dan SHU yang menunjukkan adanya peningkatan dibanding tahun 2021. “Adanya peningkatan  keuntungan, modal dan SHU yang dibagi kepada anggota merupakan indikasi bahwasanya koperasi Mandiri MAN 4 Sleman sehat,” paparnya. Laporan keuangan yang disampaikan oleh pengurus dinilai baik dan logis.

SHU dibagikan kepada anggota setelah laporan pertanggungjawaban pengurus dan BP dapat diterima oleh anggota. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemilihan pengurus dan BP yang baru untuk periode 2 tahun ke depan. Kepada pengurus dan BP terpilih, selamat mengemban tugas. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button