News

Nuansa Adat Nusantara Warnai Upacara HAB di MAN 4 Sleman

            Sleman (MAN 4 Sleman) – Tahun baru bukan sekadar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru.  Bagi insan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus.  “Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946. Lalu, kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum?,” papar Mohamad Yusuf,S.Ag Kepala MAN 4 Sleman saat menjadi pembina upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI Selasa (3/1/2023) di halaman madrasah,

“Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” lanjut Yusuf membacakan amanat Menteria Agama.  Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah.
Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah. Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Lembaga Pendidikan binaan Kementerian Agama juga terus berprestasi, di level nasional dan internasional.

“Bukti bahwa Kementerian Agama telah berubah, diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/ Lembaga dan publik, kita diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022 lalu. Kita jaga prestasi di atas. Dan tahun ini, harus lebih baik dari tahun kemarin,” lanjutnya.  Sebagaimana tahun sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini kembali mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.  Permohonan itu telah dikabulkan Bapak Presiden. Dan, pada Hari Amal Bakti ke-77 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Upacara HAB ke-77 Kemenag RI di MAN 4 Sleman bernuansa kedaerahan.  Seluruh peserta mengenakan baju tradisional dari berbagai daerah.  Suasan cukup semarak dan penuh kekeluargaan.  Usai upacara dilanjutkan dengan pembagian hadiah class meeting serta tasyakuran di aula 1. (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button