News

Jelang Akreditasi Madrasah, MAN 4 Sleman Perkuat Tim

Jelang Akreditasi Madrasah, MAN 4 Sleman Perkuat Tim

Sleman (MAN 4 Sleman) – Dalam waktu dekat, MAN 4 Sleman akan menghadapi akreditasi madrasah. Tujuan akrediasi dikutip dari laman resmi Badan Akreditasi Nasional-Sekolah/Madrasah (BAN-SM) adalah untuk menilai kelayakan suatu Lembaga pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan. Sekolah/madrasah dinyatakan “terakreditasi” jika sudah melalui tahapan penilaian dan dinyatakan memenuhi syarat serta kriteria tertentu.

Dalam rangka meraih akreditasi terbaik itulah, maka MAN 4 Sleman mengadakan rapat penguatan tim akreditasi pada giat Menyapa Rabu Pagi (MERAPI), Rabu (04/01/2023). Tim kerja akreditasi meliputi : Mutu Lulusan, Mutu Guru, Proses Pembelajaran dan Manajemen Sekolah.

Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. selaku kepala madrasah memberikan arahan kepada masing-masing tim kerja agar mendapatkan hasil maksimal. “Tim kerja akreditasi yang telah terbentuk agar segera mempersiapkan diri, menelaah dan mempersiapkan borang-borang sehingga mendekati waktu penilaian akreditasi tidak terlalu banyak energi yang dikeluarkan,” pinta Yusuf. “Catat progress kerja tim, lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Akreditasi tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena pembuktian kinerja tidak hanya sebatas telaah dokumen namun meliputi observasi dan wawancara juga, untuk itu, seluruh warga madrasah termasuk siswa harus paham segala proses dan pembiasaan yang dilakukan dimadrasah,” terangnya.

Sementara itu, Triyono, S.Pd., selaku ketua tim menegaskan masing-masing tim harus memahami instrument akreditasi. “Instrumen akreditasi untuk masing-masing komponen telah dibagikan, itu merupakan pedoman kerja tim. Segera cermati dan telaah capaian kinerjanya, rancang programnya,” ujarnya.

Sebelum rapat ditutup, masing-masing tim kerja berkelompok sesuai komponennya, menyelaraskan ide untuk mencapai bukti kinerja yang diminta. Dengan Kerjasama tim yang baik, mudah-mudahan MAN 4 Sleman mendapat nilai akreditasi terbaik, dan lebih tinggi dari nilai akreditasi sebelumnya. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button