News

MAN 4 Sleman dan Ortu Siswa Kelas XII Bersinergi Sukses UTBK

Sleman (MAN 4 Sleman) – Registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan dilaksanakan tanggal 16 Februari – 3 Maret 2023. Untuk itu, MAN 4 Sleman mengundang orang tua (Ortu) atau wali siswa kelas XII untuk bersinergi mendorong siswa mengikuti UTBK dalam acara parenting, Sabtu (7/01/2023).

Parenting bertajuk Sukses UTBK-SNBT menghadirkan motivator nasional, Nur Wahyudin Al-Azis,M.Pd. Mengawali motivasinya, Azis mengungkapkan alasan mengapa orang tua harus mendorong putra-putri mereka untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “Selain untuk mendapatkan lingkungan yang baik, kuliah di PTN juga untuk status di masyarakat. Grade PTN lebih tinggi karena masuknya dengan seleksi yang ketat, sehingga putra-putri bapak-ibu akan lebih dihargai karena memang berkualitas,” terangnya.  

Diawali dengan pemahaman tentang karakter anak, orang tua siswa dihimbau untuk mengarahkan putra-putrinya agar sukses UTBK. “Putra-putri bapak-ibu itu merupakan generasi Z (Gen Z). Gen Z adalah generasi digital, generasi medsos, pengambil keputusan mandiri, menempatkan materi pada prioritas tinggi, egois, FWD (Friend With Benefits), dan cenderung serba instan,” lanjutnya.

Salah satu tujuan siswa didorong mengikuti UTBK karena kuota SNPMB melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) terbatas, yakni hanya 20% saja. Azis juga memaparkan bahwa materi UTBK mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi dengan durasi mengerjakan 195 menit. “Bapak/Ibu… putra-putri bapak-ibu akan mengerjakan tes dalam durasi yang lama, 3 jam lebih, untuk itu mulai saat ini tolong anak-anak dikondisikan, dibiasakan untuk mengerjakan soal Try out UTBK yang utuh, dijaga kesehatannya dan diberi waktu istirahat yang cukup. Yang tak kalah penting, dorong anak untuk meningkatkan minat bacanya,” tegasnya mengakhiri acara parenting yang dilaksanakan di aula utama MAN 4 Sleman tersebut. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button