News

MAN 4 Sleman Gelar Opening Ceremony Ekstrakurikuler Secara Virtual

Upaya Berprestasi di Tengah Pandemi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Pandemi covid-19 di Indonesia yang telah memasuki tahun kedua berdampak imbas yang sangat besar bagi dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka langsung belum diperbolehkan, termasuk kegiatan-kegiatan siswa yang memicu kerumunan. Upaya ini dilakukan agar generasi penerus bangsa terbebas dari paparan covid-19. Kendati demikian, MAN 4 Sleman terus lakukan adaptasi dan mengatur strategi guna memastikan kualitas pendidikan tidak mengalami stagnasi.

Pendidikan tidak hanya membekali siswa dengan ilmu-ilmu akademik, tetapi juga keterampilan dan kecakapan hidup. Untuk itulah, kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan potensi, bakat, prestasi dan penguatan karakter siswa perlu dilaksanakan. Guru sebagai garda terdepan pendidika dituntut untuk mampu mendesain kegiatan ekstrakurikuler pada situasi non tatap muka.

Kamis (19/8/2021), MAN 4 Sleman menggelar Opening Ceremony kegiatan ekstrakurikuler secara virtual melalui kanal youtube MAN 4 Sleman Official. Membuka kegiatan, Kepala MAN 4 Sleman, Mohamad Yusuf, S.Ag., mengaskan bahwa pandemi memaksa kita untuk beradaptasi, tak terkecuali kegiatan ekstrakurikuler juga diadaptasi secara daring. “Ektrakurikuler daring yang akan dilaksanakan di MAN 4 Sleman adalah ekstrakurikuler wajib yakni Pramuka dan BTAQ bagi kelas X dan BTAQ bagi kelas XI, sedangkan ekstakurikuler pilihan terdiri dari Tahfidz, Manesa Young Researchers (MAYORS), Sineas Muda Manesa (SINEMMA) dan Olimpiade,” paparnya.

“Nilai kegiatan ekstrakurikuler akan dicantumkan dalam raport. Anak-anakku, manfaatkanlah kesempatan menempa diri dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jangan lewatkan masa depan, masa muda kalian yang penuh warna. Isilah dengan pengalaman berharga agar kelak mendapatkan buah manisnya,” pesannya. Lebih lanjut Yusuf menyampaikan bahwasanya kegiatan ekstrakurikuler music dan olah raga belum dapat dilaksanakan, namun ia berharap para siswa tetap berlatih secara mandiri di rumah.

Disampaikan pula prstasi-prestasi yang pernah diraih oleh siswa-siswi MAN 4 Sleman, antara lain, juara 3 Kompetensi Siswa Madrasah (KSM) Online tingkat propinsi, perolehan medali emas dan perunggu dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat internasional, dan juga juara 3 lomba film animasi pendek tingkat regional.

Mengawali motivasinya, Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan, Drs. Edy Suparyanto, M.A., menghimbau para siswa untuk patuh menerapkan 5 M (Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas) dan 1 D (Doa dari rumah). Disampaikan pula bahwasanya kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara daring akan dimulai pada minggu ke-3 Agustus dan diakhiri November 2021.

“Meskipun kegiatan jarak jauh, jangan putus asa, tiap diri kalian memiliki potensi kecerdasan, keterampilan, kepekaan, intuisi, inspirasi dan kecakapan yang unik dan hebat yang harus dikembangkan agar tumbuh menjadi pribadi yang unggul, berprestasi, optimis berkarya dan berakhlak mulia agar kelak menjadi pribadi yang berguna dan berdaya guna,” ujarnya.  “Tidak penting dari mana kita berasal, yang penting ke mana kita akan melangkah. Tiap diri punya potensi yang berbeda, maka kembangkanlah potensi tersebut, salah satunya dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler” imbuhnya.

Banyak quotes sarat motivasi yang disampaikan Edy untuk menyemangati para siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler nantinya. Mengutip ucapan Napoleon Hill,‘Jika kamu tidak dapat melakukan hal besar maka lakukan hal kecil dengan cara yang besar’ adalah salah satunya. “Dengan memilih satu ekstrakurikuler, itu artinya kalian sudah menargetkan sasaran dan tujuan, maka lakukanlah dengan tekunilah dan bersungguh-sungguhlah atas pilihanmu. Selamat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, kepakkan sayap kreatifitasmu,” pungkasnya. (Tutut)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button