News

Maulid Nabi di MAN 4 Sleman Upaya Kembangkan Karakter Religius Siswa

Sleman (MAN 4 Sleman) – Bertujuan mengembangkan karakter religius peserta didik, MAN 4 Sleman menggelar pengajian akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara yang dilaksanakan di aula utama madrasah Kamis (13/10/2022), diikuti oleh seluruh civitas akademika MAN 4 Sleman.

Kepala Madrasah, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. mengatakan bahwa Muhammad adalah nabi yang harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari, sejak bangun tidur hingga akan tidur lagi. “Segala aspek kehidupan Nabi Muhammah SAW layak untuk dijadikan tuntunan dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan dunia dan akhirat,” kata Mohamad dalam sambutannya. 

Acara yang dimeriahkan dengan hadroh Shoutus Shofa, hadroh MAN 4 Sleman dibawah asuhan guru Bahasa Arab, Mohamad Rosyid, SS. ini mengusung tema “Meneladani Akhklak Nabi Muhammad SAW sebagai Landasan Meraih Prestasi.” Hadroh tersebut mengiringi sholawat dan lagu-lagu yang dilantunkan oleh penceramah, Ustad KH. Mujiharno, S.Ag., M.Ag. Seluruh hadirin nampak antusias dan aktif ikut melantunkan sholawat dan bernyanyi.

Dalam ceramahnya, ustad Mujiharno menyampaikan bahwasanya seluruh hadirin termasuk orang-orang yang cerdas, sehingga cerdas pula dalam bersikap dan berperilaku, salah satunya dengan meneladani Rasullullah Muhammah SAW. “Contohlah Muhammad dalam berusaha sungguh-sungguh agar menjadi siswa yang berhasil.  Gunakan waktu secara bijak dan optimal. Ingatlah orang tua saat ini sedang bekerja keras untuk menghidupi kaluarga, termasuk membiayai kalian, para siswa, sehingga kalian mendapatkan fasilitas hidup jauh lebih layak,” ujarnya memberi nasihat. “Datang ke madrasah merupakan Amanah dari orang tua. Untuk itu, para siswa hendaknya bisa mempergunakan waktu secara optimal guna meraih kesusksesan dunia dan akhirat,” lanjutnya.    Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Drs. H. Edy Suparyanto,M.A., berharap juga peserta didik dapat meneladani sikap dan karakter Rasulullah Muhammad SAW utamanya sikap dalam kehidupan sehari-hari. Di antara sikap Rasulullah yang patut diteladani oleh peserta didik adala kesantunan dan semangat pantang menyerah dalam menggapai cita-ci(n)ta dan tegar dalam menghadapi berbagai rintangan. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button