News

Optimalkan Didik Siswa MAN 4 Sleman Adakan Parenting Orang Tua & Wali

Sinergi Madrasah dengan Keluarga

Sleman (MAN 4 Sleman) – Anak adalah amanah dari Allah SWT, orang tua akan dimintai pertanggungjawabannya.  Orang tua bersama madrasah mendidik putra -putri mewujudkan insan mulia.  Setiap anak memiliki potensi dan kompetensi yang harus dikembangkan dan untuk mewujudkannya adalah fokus.  “Apa yang anda fokuskan maka itu yang akan berkembang.  Jika yang kita fokuskan adalah mata lebah, maka yang akan didapat adalah kebaikan, solusi dan kemaslahatan.  Maka datang ke madrasah, fokuskan pada kebaikan. Kebalikannya bila fokus mata lalat, maka akan focus dan berkembang pada keburukan meski di tempat yang baik.   Mata lebah, akan fokuskan dan berkembang pada kebaikan meski di tempat yang kotor,” terang Coach Rachim,MA di depan orang tua dan wali peserta didik kelas 10 MIPA-IPS-IIK MAN 4 Sleman Sabtu (14/11/2020) aula madrasah.

Dalan mendidik putra-putrinya, orang tua harus memfokuskan dan memikirkan hal-hal yang baik dalam setiap langkah keseharian.  Masing-masing anak memiliki potensi yang berbeda satu dengan lainnya dan semua itu perlu dikembangkan.  Menurut Rachim ada 3 tipe anak, quitter, camper dan climber. Quitter yaitu mudah menyerah, camper, yakni kelihatannya tunduk tetapi ketika jauh dari orang tua tak terkendali sementara climber, yakni tangguh dan kuat menghadapi jamannya.  MAN 4 Sleman berupaya mendidik siswa-siswinya untuk menjadi anak yang siap menghadapi jamannya atau climber.  Demikian halnya yang telah dilakukan guru-guru MAN 4 Sleman adalah mendidik siswa/i menjadi climbers.

Rachim berpesan agar orang tua dalam mendidik anak dengan memfokuskan mata lebah, yaitu perlu disadari anak adalah amanah, fasilitasi passion dan Visi Anak, Peran Solusi saat pandemi.   Beri fasilitas dan dukungan baik secara moral maupun material untuk mengembangkan passion dan potensi yang dimiliki anak dengan perhatian dan dukungan fasilitas belajar hingga empati.  Orang tua harus bisa memberi solusi saat pandemi, misal bagi anak yang kesulitan sinyal atau tak punya android bisa diantar ke raung computer madrasah, mengkomunikasikan permasalahan anak dengan madrasah.  Intinya setiap permasalahan diupayakan dicarikan jalan keluar sehingga anak tetap semangat belajar di saat pandemic yang penuh tantangan dan perubahan ini, tegas Rachim.  (eds) Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button