News

Outing Class,  Siswa MAN 4 Sleman Kunjungi Taman Anggrek

Sleman (MAN 4 Sleman) – Kegiatan Outing Class dinilai efektif dalam penyampaian materi pembelajaran.  Tujuan pembelajaran outing class ini adalah untuk mendekatkan siswa dengan alam. Diharapkan, siswa memiliki kepekaan terhadap alam dan lingkungan sekitarnya. Outing class dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diberikan, meningkatkan fokus dan antusias siswa dalam belajar, serta dapat membangun suasana belajar yang aktif, interaktif dan menyenangkan.

Dengan latar belakang tersebut, MAN 4 Sleman mengadakan kegiatan kunjungan ke Titi Orchids di Jl. Boyong, dusun Trojayan, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Titi Orchids merupakan taman Anggrek yang tidak sekedar memperjualbelikan tanaman, tetapi juga memberikan edukasi bagi pengunjungnya. Oleh karena itu, MAN 4 Sleman melakukan MoU di bidang Pendidikan dengan Titi Orchids sebagai sebagai salah satu sumber belajar di luar kelas.

Menurut Sri Suprih Lestari, pemilik Titi Orchids, bahwa keberadaan anggrek Vanda tricolor  terancam punah semenjak erupsi Merapi tahun 1994, terutama yang berhabitat di lereng Gunung Merapi. Hal tersebut mendorong pemilik untuk mengadakan Festival Anggrek Vanda tricolor yang dilaksanakan 7 – 11 September 2022.  Dalam festival ini, banyak kegiatan yang dilakukan seperti pelatihan, pameran, bursa, lomba foto, kontes anggrek, seminar, dan talk show. Sri Suprih Lestari berharap, dengan adanya festival anggrek tersebut, semakin banyak orang yang membudidayakan anggrek Vanda tricolor sehingga keberadaannya akan tetap lestari.

Adanya festival tersebut, dimanfaatkan oleh guru Biologi untuk mengadakan pembelajaran di luar kelas Jumat (9/9/2022), siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 35 siswa didampingi 4 guru, mengunjungi pameran anggrek untuk melihat Keanekaragaman Hayati pada tanaman.  “Siswa kita ajak melihat pameran anggrek, supaya mereka bisa belajar secara langsung tentang Keanekaragaman Hayati terutama tingkat spesies. Dengan melihat secara langsung, harapannya mereka akan lebih memahami tentang materi tersebut”, terang Asri Widyawati,S.Pd.,M.Sc. guru Biologi didampingi Mardiyanti,S.Pd, Khusnita Hendrarini,S.Pd dan beberapa guru MAN 4 Sleman. (Nith)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button