News

Rayakan Idul Adha 1444 H, MAN 4 Sleman Sembelih Hewan Kurban

Sleman (MAN 4 Sleman) – MAN 4 Sleman menggelar kegiatan penyembelihan hewan kurban pada momen Idul Adha 1444 H. Hewan kurban berupa satu (1) ekor sapi disembelih di pada Sabtu (1/7/2023). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan XII serta seluruh guru dan pegawai MAN 4 Sleman.

Selain guru dan pegawai, orang tua/wali siswa melalui komite madrasah juga dilibatkan dalam iuran pengadaan hewan kurban. Dana yang terkumpul tersebut kemudian diwujudkan dalam pembelian seekor sapi dengan berat daging bersih sekitar 199 kg. Sedangkan para siswa dilibatkan langsung pada kegiatan pelaksanaan kurban.

Sebagai sarana pembelajaran, para siswa menyaksikan langsung bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban dan takbir bersama saat penyembelihan. Siswa juga diajarkan tentang jenis-jenis hewan kurban dan kondisi hewan yang sah untuk kurban sesuai syarat dan syariat Islam.

Ketua panitia kegiatan, Satria Pradana, M.Pd.I, mengatakan bahwasanya tujuan kegiatan penyembelihan kurban di MAN 4 Sleman adalah untuk menanamkan nila-nilai religiusitas pada diri siswa. “Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini adalah untuk menumbuhkan sikap berbagi kepada sesame,” ujar Satria. “Selain itu juga untuk melatih keihklasan dalam berkurban. Hal ini juga merupakan materi fiqih yang telah dipelajari dikelas 10,” imbuhnya.

Daging kurban dibagi kepada seluruh warga madrasah. Selanjutnya diadakan lomba memasak antar kelas. Beberapa guru ditunjuk sebagai juri lomba. Penilaian juri tidak hanya berdasarkan cita rasa dari olahan yang disajikan saja, melainkan juga kehigienisan masakan tersebut. Untuk itu, kebersihan kelas dan penyajian juga termasuk dalam kriteria penilaian. Pemenang lomba akan diumumkan pada apel perdana tahun ajaran 2023/2024. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button