News

Tingkatkan Profesionalitas MAN 4 Sleman Gelar Seminar Motivasi

Menuju Guru Dan Pegawai Profesional

Sleman (MAN 4 Sleman) – Tugas guru adalah mengajar siswa yang akan hidup pada jamannya. Materi yang diajarkan guru saat ini akan dipergunakan pada masa hidup muridnya nanti. Inilah tantangan guru menyiapkan siswa dapat hidup sesuai dengan eranya nani. “Siswa Bapak ibu harus memiliki kecakapan yang dibutuhkan pada abad 21 nanti yakni critical thinking berpikir kritis, communication kemampuan berkomunikasi, creativity kreatifvitas, collaboration kemampuan berkolaborasi dan Digital Literacy atau Literasi di era digital,” tutur Coach Rochiem,MA dari Smart Vision Yogyakarta saat menyampaikan materi pada Seminar Motivasi Menuju Guru Guru MAN 4 Sleman (MANESA) Profesional Sabtu (24/10/2020) di aula madrasah setempat.

Itulah tantangan bagi guru dalam mengajar menyiapkan siswanya sebagai generasi muda yang siap hidup dan tetap survive dan exist di abad 21 mendatang. Salah satu factor penting, guru harus mengenali dan menyadari gaya mengajarnya apakah visual, auditory ataukah kienestetik, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. “Guru harus memiliki kualitas integritas, karena hal itu merupakan pondasi dalam menghadapi tantangan global, integritas yang kuat melahirkan insan yang taat, bermutu, dan berdaya saing, melahirkan manusia generasi ontentik,” lanjut Rochiem. Kegiatan Seminar Motivasi sebagai upaya menyiapkan para guru dalam menghadapi Asessmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asessemen Kompetensi Guru (AKG). “Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh guru MANESA benar-benar siap dan tidak gagap dalam mengikuti AKG sehingga dapat dikatagorikan sebagai professional. Hasil mapping yang sudah  diberikan agar masing-masing mengetahui gaya belajar dan mengajarnya,” papar Mohamad Yusuf,S.Ag Kepala MANESA saat menyampaikan pengantar sekaligus membuka acara.

Dua minggu sebelum kegiatan, telah dilakukan Teachers Personal Mapping (TPM) dan hasilnya diberikan Sabtu (24/10/2020) saat seminar motivasi. Pada TPM tersebut disampaikan Domain Style, Domain character dan Domain Quotient yang disimpulkan untuk mengetahui Pedagogy Leap, Enterpreunership & Creativity Leap, Leadership Leap, dan Integrity Leap. Kegaitan tetap mengedepankan protocol Kesehatan, semua peserta mengenakan masker, cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, tata ruang berjarak aman  tempat duduk. (eds)

Tetap Sehat dan Semangat #LawanCovid-19

Coach Rochiem,MA saat menyampaikan materi
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button